5 Tips Dekorasi Rumah Bersejarah Jadi Terasa Fresh

Jasa Arsitek Rumah – Rumah bersejarah kerap memiliki pesona dan karakter unik yang tak tergantikan. Namun, menghadirkan nuansa modern dalam dekorasi rumah bersejarah bisa menjadi perjalanan menarik. Jika Anda ingin memberikan sentuhan yang segar namun masih mempertahankan pesona klasik rumah bersejarah, berikut adalah lima ide dekorasi yang bisa diadopsi.

 

1. Nuansa Warna pada Furnitur Ruang Tamu

Nuansa warna pada furniture ruang tamu merupakan pondasi penting dalam menciptakan perpaduan antara keanggunan klasik dan sentuhan modern. Ganti warna-warna yang mencolok dengan palet warna pastel yang lebih tenang pada kursi bundar khas rumah bersejarah. Pilihan warna seperti lavender lembut, mint segar, atau bahkan peach pastel bisa menjadi pilihan yang menawan. Penggunaan warna yang lebih ringan tidak hanya menciptakan kesan segar namun juga mempertahankan pesona dan keelokan klasik ruang tamu tanpa mengorbankan esensi historisnya. Sebaliknya, ini justru menambah dimensi baru pada karakteristik ruangan, memberikan kesan yang harmonis antara masa lalu dan masa kini.

 

2. Eksposisi Dinding Batu dengan Sentuhan Cermin yang Estetis

Mengungkapkan dinding batu dengan cermin bisa menjadi pilihan yang menghadirkan sentuhan visual yang menarik dan unik. Dengan menghapus sebagian kecil plester pada dinding bata, Anda memberikan eksposisi pada tekstur alami dinding tersebut, menciptakan lapisan visual yang menawan. Menggantikan sebagian area dengan cermin memberikan dimensi baru pada ruang, bukan hanya menambah sentuhan modern tetapi juga mencerminkan kecerahan dan kedalaman ruang.

Cermin bulat merupakan pilihan yang tepat untuk menambahkan unsur kontemporer pada dekorasi. Dengan bentuk yang tidak konvensional, cermin bulat memberikan nuansa artistik dan modern yang menarik. Penggunaan cermin ini tidak hanya menciptakan refleksi yang menarik, tetapi juga menambah dimensi visual yang lebih dinamis pada ruang. Dengan demikian, perpaduan antara eksposisi dinding batu dengan cermin memberikan harmoni antara keaslian sejarah dan keindahan modern dalam satu kesatuan yang estetis.

 

3. Kain Ottoman Berwarna-Warni untuk Keunikan

Memanfaatkan kain Ottoman dengan pola atau warna yang mencolok dapat menjadi elemen kunci dalam menciptakan nuansa yang segar dan menarik di dalam rumah bersejarah Anda. Tidak perlu melakukan perombakan besar, cukup dengan menyematkan kain Ottoman yang memiliki warna-warna cerah dan menarik pada berbagai area di seluruh rumah dapat memberikan sentuhan modern yang mencolok pada dekorasi.

Pemilihan kain Ottoman yang berwarna-warni tidak hanya menambah keunikannya tetapi juga memberikan energi visual yang ceria dan bersemangat pada ruangan. Dengan menempatkan kain-kain ini pada sofa, kursi, atau bahkan sebagai elemen dekoratif pada dinding atau lantai, Anda menciptakan titik fokus yang menarik dalam ruangan bersejarah tersebut.

Permainan warna-warni dari kain Ottoman juga dapat menjadi solusi yang efektif untuk menyelaraskan elemen modern dalam lingkungan bersejarah tanpa mengubah struktur utama. Hal ini menciptakan keseimbangan yang harmonis antara sejarah yang kental dengan kekinian yang bersemangat, menggambarkan keselarasan antara warisan masa lalu dan kehidupan modern yang dinamis.

 

4. Memelihara Kekhasan Peti Tempat Penyimpanan dan Wallpaper Asli

Peti penyimpanan khas pada rumah bersejarah dapat menjadi elemen estetik yang berharga. Jangan ragu mempertahankannya karena dapat menambah daya tarik modern pada rumah Anda. Sementara itu, biarkan juga wallpaper kecil yang asli karena corak alaminya kini menjadi pilihan favorit pada rumah modern.

Baca juga Kriteria Penting dalam Memilih Rumah yang Ideal untuk Dibeli

5. Kesederhanaan pada Rak Penyimpanan

Ganti rak ekstravagan dengan rak sederhana untuk menciptakan keseimbangan antara nuansa klasik dan modern pada rumah bersejarah. Perubahan sederhana ini dapat mengubah tampilan ruangan secara signifikan, menciptakan keseimbangan yang pas antara gaya klasik dan kekinian.

Dengan sentuhan-sentuhan kecil yang mengubah unsur-unsur klasik menjadi modern, rumah bersejarah Anda akan tetap memancarkan keanggunannya sambil terlihat segar dan up-to-date. Maka, tak ada salahnya untuk mencoba ide-ide ini dan saksikan perubahan menakjubkan pada rumah bersejarah Anda sendiri.