Inspirasi Desain Rumah Industrial, Tampilan Unik & Menarik!

Inspirasi Desain Rumah Industrial – Desain rumah industrial mulai diminati karena terlihat unik, aesthetic, namun tetap simpel. Gaya desain interior ini ambil inspirasi zaman revolusi industri dan awal abad ke-20 yang bawa berbagai peralatan mekanikal yang terlihat seperti berasal dari masa depan

Seiring berjalannya waktu, gaya interior ini mulai tidak dipakai di pabrik jaman sekarang. Akan tetapi, desain interior industrial menarik perhatian para penyuka seni interior sampai penikmatnya untuk diterapkan dalam hunian.

Selain itu, desain rumah industrial ini saat ini dikenal karena menggunakan berbagai bahan-bahan daur ulangi untuk menghasilkan kenangan masa lalu. Penasaran apa saja ide rumah impian dengan desain rumah industrial? Simak informasi di bawah ini, yok!

Inspirasi Desain Rumah Industrial, Tampilan Unik & Menarik!

Ciri-Ciri Rumah Industrial

Sebelum mencari ide desain rumah industrial, Anda juga harus tahu apa ciri-cirinya. Saat mendesain rumah industrial, berikut karakteristik yang perlu hadir supaya style ini berasa maksimal dan efektif :

  1. Material

Untuk bahan rumah industrial, Anda akan jarang menemukan bahan mewah seperti kain sutra. Bahan yang datang umumnya punyai sifat kuat, tahan pakai dan punya daya daur ulang yang fungsional.

Furnitur unik dari bahan kayu, aluminium, batu dan sebagainya sering jadi pilihan khusus, terutama jika ada kesan distressed atau usang.

  1. Warna

Untuk desain rumah industrial, palet warna akan didominasi dengan nuansa netral, misalnya abu, hitam dan putih. Sesekali ada gradasi warna yang kelam dan maskulin, tapi kalian tetap bisa menghadirkan warna jelas yang kontras agar hasilnya tampil indah. Misalkan melalui pajangan berupa lukisan atau kreasi seni.

  1. Siluet

Garis lurus dan susunan tegas sering jadi ciri khas bentuk desain rumah industrial. Tetapi bukan berarti rumah industrial jangan menghadirkan kurva indah atau pola abstrak. Yang penting, aplikasinya harus tepat dan tidak berlebihan.

  1. Dekorasi

Penggunaan aksesoris atau dekor termasuk jarang di desain rumah industrial, karena ada tema minimalis yang rapi dan bersih yang perlu dipertahankan. Komponen dekorasi jumlahnya minimal tapi menarik dan sukses mencuri perhatian.

Desain Rumah Industrial

Walaupun berkesan tua, bentuknya yang unik sanggup membawa kehangatan untuk penghuninya. Detail pada rumah industrial kerap memakai bahan batu bata, metal atau material daur ulangi lainnya dalam aspek arsitekturnya.

  1. Desain Ala Milenial

Inspirasi Desain Rumah Industrial

Desain rumah industrial dipengaruhi dengan gaya hidup generasi milenial, lho. Milenial condong aktif dan memiliki mobilitas yang tinggi. Perspektif mereka dalam melihat desain rumah membuat mereka inginkan desain rumah yang orisinal dan unik.

Mereka kurang menyukai desain yang sama atau sejenis. Hingga, rumah yang diharapkan harus sanggup memunculkan nilai seni yang tinggi. Tak jarang, desain rumah industrial jadi pilihan khusus kaum milenial.

Desain rumah industrial yang identik dengan kesan terbuka, netral, dan apa adanya, seakan menunjukkan jika rumah itu sebagai identitas diri mereka.

  1. Desain Rumah Industrial Sederhana

Gaya interior desain rumah industrial ini sama dengan warna monokrom dan pemakaian besi sebagai furnitur mereka.

Mulai dari kursi, lemari, tangga, lampu sorot, sampai jendela. Walaupun terkesan sederhana, namun tetap kelihatan modern dan timeless. Tetapi, bila tak ingin besi, Anda dapat menggantinya dengan material baja, timah, atau lainnya.

Selain warna hitam putih dan cokelat, Anda bisa juga memilih warna bersuara dingin yang lain. Seperti, abu-abu, atau warna netral lain. Warna abu biasanya jadi opsi favorit ke arah tampilan ruang bergaya industrial.

  1. Rumah Tipe Kecil

Inspirasi Desain Rumah Industrial

Gaya industrial yang diadopsi mampu menyulap luas tanah yang sempit jadi bangunan yang kelihatan lega. Luas tanah terbatas tidak berarti membatasi diri Anda untuk bereksplorasi sebanyak mungkin.

Kebalikannya, desain rumah industrial yang dipungut mampu menyulap luas tanah yang sempit jadi bangunan yang kelihatan lega dan menarik.

Tampak luar bangunan yang seperti kumpulan balok kelihatan sangat karismatik. Pandangan akan terlihat jernih, pasalnya tidak ada satupun ornamen yang menempel di eksterior bangunan.

  1. Kombinasi Dinding Kaca

Biasanya gaya industrial menggunakan warna netral tidak begitu menonjol dan tampak tenang. Walau tampilan gaya industrial lebih dewasa dan maskulin, bukan berarti gaya ini cuma bisa diterapkan oleh kaum pria saja.

Bila Anda seorang wanita yang menyukai tampilan yang keren dan dewasa, maka Anda bisa juga memilih desain industrial sebagai desain interior rumah.

Selain itu, lihat juga unsur sinar dalam desain rumah industrial yang merupakan sisi penting. Selain dapat mengandalkan jenis lampu seperti lampu gantung berlapis warna porselen atau aluminium bohlam, Anda bisa juga mendapatkan cahaya dengan dinding kaca.

  1. Mewah dan Elegan

Inspirasi Desain Rumah Industrial

Struktur kayu pada bagian langit-langit desain rumah industrial harus sengaja diekspos. Dekorasi mewah seperti sofa kulit dan lantai kayu parket dapat menonjolkan nuansa mewah dan elegan pada rumah industrial.

Material kayu sebagai pengganti papan gipsum pada plafon dengan tinggi ceiling di atas rata-rata ialah kewajiban untuk gaya industrial. Susunan kayu pada bagian langit-langit harus sengaja diekspos, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Akan tetapi rupanya kayu bisa juga digunakan untuk memperkuat gaya industrial dengan penyusunan yang lebih rapi. Itulah ide desain rumah industrial untuk hunian impian. Semoga membantu, ya!