Temukan Arti Warna Cat Rumah Anda

Arti Warna Cat Rumah

Tahukah Anda arti warna cat rumah? Rumah adalah tempat di mana kita tumbuh, berkembang, dan berbagi segalanya bersama keluarga tercinta. Rumah yang nyaman adalah dambaan setiap orang. Kenyamanan sebuah rumah bukanlah ditentukan oleh mewah tidaknya sebuah rumah, melainkan dari kasih sayang dan kehangatan yang diberikan antar anggota keluarga dan juga pengaruh warna. Apa arti warna cat rumah?

Pada dasarnya, setiap warna mampu menciptakan mood tertentu pada setiap penghuninya. Karena itu jangan sepelekan arti dari warna cat rumah Anda. Jadikan hunian Anda nyaman dan selalu dipenuhi mood yang bagus dari seluruh anggota keluarga.

Mengetahui Arti Warna Cat Rumah
Saat ini, ada banyak sekali warna cat untuk rumah dari berbagai merek. Saking banyaknya, justru kadang membuat bingung untuk memilih. Apabila menyerahkan urusan desain rumah pada seorang arsitek, biasanya pemilihan warna cat rumah juga akan ditentukan oleh mereka. Namun, ada kalanya Anda merasa puas jika bisa menentukan sendiri pilihan warna sesuai selera.

Arti Warna Cat RumahAda beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai bahan pertimbangan pemilihan warna cat, yaitu sebagai berikut.

  • Perhatikan luas ruangan. Luas setiap ruangan di dalam rumah tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk ruangan yang kecil, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna cerah untuk memberi kesan lega.
  • Membangun suasana yang homy. Pemilihan cat sangat memengaruhi suasana ruangan. Aplikasi warna-warna netral seperti krem, putih tulang, dan abu-abu cenderung akan menciptakan suasana homy bagi penghuninya.
  • Perhatikan kandungan dalam cat. Cat rumah tidak hanya melulu soal warna. Anda juga harus mencermati kandungan di dalam cat tersebut. Ada beberapa kandungan yang ternyata berbahaya bagi tubuh. Jangan sampai mengalami gangguan kesehatan karena cat rumah memiliki zat berbahaya. Pilih cat yang mencantumkan 100% acrylic, karena ini merupakan zat yang ramah bagi manusia dan lingkungan.
  • Padupadan warna. Jangan ragu mengaplikasikan beberapa warna yang berbeda di rumah, karena permainan warna akan membuat suasana rumah lebih ceria dan juga berkarakter. Ada warna-warna tertentu yang menjadi dominan. Ada pula yang berfungsi sebagai pendukung. Semua akan membuat arti warna dari cat rumah Anda semakin kaya.

Kaitan Ruangan dan Warna
Arti warna dari cat rumah berkaitan erat dengan fungsi ruangan itu sendiri. Oleh karena itu, memilih warna yang tepat tidak bisa dilepaskan dari aspek-aspek yang terdapat di dalam ruangan agar semuanya bisa berpadu dengan sempurna. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati.

1. Tentukan Fungsi Ruangan
Setiap ruangan di dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda. Dengan menentukan fungsi dari setiap ruangan ini, Anda akan lebih mudah memilih warna yang sesuai dengan karakter ruangan tersebut.

2. Tentukan Tema Ruangan
Selain fungsi ruangan, Anda juga perlu menentukan tema ruangan. Misalnya fungsi ruangan adalah sebagai ruang tidur. Namun tidak semua ruang tidur harus memiliki warna yang sama. Ruang tidur anak perempuan mungkin akan cocok dengan warna merah muda seperti rumah boneka barbie. Sementara ruang tidur anak laki-laki mungkin akan lebih cocok dengan warna biru seperti warna laut di mana sang anak sangat menyukai mainan kapal perang.

3. Pelajari Teknik Pewarnaan
Mendapatkan warna yang tepat seperti yang diharapkan kadang tidak datang dari satu warna saja, melainkan merupakan kombinasi lebih dari satu warna sekaligus. Permainan kombinasi warna ini akan menciptakan warna-warna baru yang unik dan tiada duanya.

Arti Warna
Bagian yang paling penting adalah memahami arti warna cat itu sendiri.

Arti Warna Cat Rumah1. Warna Putih, Krem, dan Abu-abu
Ketiga warna ini merupakan warna netral. Warna-warna ini simpel, praktis, bersih, tegas, dan aman. Aman dalam arti warna ini bisa dipadupadankan bersama furnitur dengan warna apa pun. Anda bisa mengaplikasikan warna ini di seluruh ruangan jika tidak ingin repot bereksperimen dengan warna-warna lain. Namun, jika tidak diimbangi dengan furnitur yang lebih berwarna, dikhawatirkan akan memberi kesan monoton dan membuat suasana hati cepat bosan berada di rumah.

2. Warna Merah
Merah identik dengan api yang memberi kesan hangat dan bersemangat. Merah juga menyimbolkan sesuatu yang aktif, kuat, dan agresif. Jika warna merah terlalu banyak diaplikasikan di banyak ruangan, dikhawatirkan justru akan membuat emosi menjadi tinggi. Jika ingin menggunakan warna merah, gunakan di ruang bagian depan saja.

3. Warna Kuning
Kuning memberi efek ceria dan optimis. Energi yang dipancarkan warna kuning selalu cerah dan penuh percaya diri. Kuning juga dikatikan dengan warna emas yang merupakan simbol kesejahteraan. Warna kuning paling tepat digunakan di ruang kerja atau ruang belajar.

4. Warna Biru
Biru identik dengan warna langit atau laut. Melihat warna ini membawa suasana hati menjadi tenang, damai, dan kalem. Biru juga dipercaya memberi kesejukan dan keharmonisan. Warna ini sangat cocok diaplikasikan untuk ruang tidur, terutama ruang tidur anak laki-laki.

5. Warna Hijau
Melihat warna hijau kita langsung membayangkan hutan, pepohonan, dan dedaunan. Tak salah jika arti warna dari cat rumah warna hijau membawa efek sejuk, segar, rileks, dan harmonis. Warna ini juga cocok digunakan di ruang tidur. Permainan warna hijau muda dan tua juga akan memberi sensasi segar dan sejuk yang berbeda.

6. Warna Oranye
Warna oranye bisa dipoleskan di ruang keluarga dan ruang makan. Warna ini penuh energi semangat, ceria, dan antusias. Kebersamaan keluarga di ruang tengah atau ruang makan menjadi penuh keceriaan dalam balutan warna oranye. Namun, jika keluarga terdiri atas para lansia, ruang keluarga dengan warna oranye kurang begitu cocok dengan mereka, karena mereka cenderung lebih menyukai warna-warna netral yang menenangkan.

7. Warna Cokelat
Warna cokelat adalah warna netral yang menenangkan. Namun, terlalu banyak mengaplikasikan warna ini akan memberi kesan lesu dan suram. Sangat dianjurkan menambahkan aksesori dengan warna yang kontras pada dinding berwarna cokelat, misalnya dengan menempatkan lukisan dengan warna ceria atau cermin dengan bingkai yang metalik yang sparkling. Warna ini bisa digunakan di ruang tamu.

8. Warna Pink
Pink identik dengan sifat-sifat feminim. Warna ini terkesan lembut, romantis, dan kalem. Kamar tidur anak perempuan sangat cocok dengan warna ini. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan diaplikasikan di ruang tidur anak laki-laki yang agresif, akan membantu mereka menjadi lebih kalem dan terkontrol. Begitu pula ruang tidur suami-istri juga bisa menggunakan warna ini karena akan membuat suasana menjadi semakin romantis.

Kini Anda telah mengetahui prinsip-prinsip yang bisa Anda terapkan dalam pemilihan warna untuk ruangan di rumah Anda. Penerapan warna-warna yang tepat bukan saja enak dipandang dan memberi mood yang bagus bagi penghuninya, namun juga mencerminkan karakter si empunya rumah itu sendiri.

Arti warna cat rumah Anda adalah segalanya. Tamu-tamu yang datang juga akan ikut merasakan sensasi mood yang diciptakan oleh permainan warna-warna cat ini. Selamat bereksperimen dengan warna di rumah Anda!