Bikin Ruangan Jadi Keren dengan 5 Tips Pasang Rak Dinding Estetik di Rumah

Jasa Desain Rumah – Rak dinding, selain bikin rumah jadi rapi, bisa juga jadi sentuhan estetik yang bikin mata betah lihat. Nah, biar hasilnya maksimal, yuk simak tips pasang rak dinding yang estetik ini!

 

Pilih Lokasi dengan Cermat

Pasang rak dinding itu seni, bukan asal lempar. Pertama-tama, tentukan dulu fungsinya. Kalo buat barang-barang sehari-hari yang sering dipake, pilih tempat yang gampang dijangkau. Misalnya, di dekat pintu atau di samping meja kerja.

Nah, kalo ini buat pajangan yang ingin dijadikan bintang ruangan, manfaatkan spot tengah ruangan. Biar langsung nyaut mata orang yang masuk. Jangan lupa, pastikan juga ketinggian raknya sesuai dengan mata orang yang ngeliat, supaya ga ada yang terlewatkan!

Ingat, pasang rak dinding itu seperti membuat koreografi untuk barang-barang di rumah kita. Jadi, biar gak kelihatan kalah jago, perencanaan tempat itu penting.

 

Ekspresikan Gaya dengan Bentuk Rak yang Tepat

Rak dinding bukan hanya sekadar penyimpan barang, tapi juga elemen dekoratif yang bisa mengungkapkan gaya personal. Jadi, saat memilih bentuk rak, pikirkan tentang tema ruangan itu.

Kalau kamu suka suasana minimalis, pilihlah rak dinding dengan desain papan tanpa sekat. Ini akan memberikan sentuhan sederhana dan bersih pada ruangan. Di sisi lain, jika kamu ingin suasana yang lebih dinamis dan penuh semangat, coba bereksperimen dengan bentuk geometri seperti kubus atau segitiga. Bentuk-bentuk ini dapat memberikan dimensi visual dan keunikan tersendiri pada ruangan itu.

 

Warna yang Nge-Hits, Biar Gak Norak

Gak bisa dipungkiri, corak dan warna rak dinding adalah kunci utama dalam merias ruangan. Jangan dianggap sepele, ya! Untuk tampilan elegan yang timeless, pilihlah warna netral. Warna-warna seperti putih, abu-abu, atau krem akan memberikan sentuhan yang bersih dan elegan pada ruanganmu. Warna netral ini juga memudahkanmu untuk berkreasi dengan dekorasi lain di sekitarnya.

 

Tapi, pernah kepikiran gak buat bikin rak dinding jadi pusat perhatian? Nah, untuk yang pengen norak tapi tetap keren, pilihlah warna kontras yang mencolok. Misalnya, kalau dindingnya mayoritas warna netral, kamu bisa memilih rak dinding dengan warna yang berani seperti biru tua, merah marun, atau kuning mustard. Warna kontras ini bakal bikin rak dindingmu jadi bintang utama yang bikin semua orang ngelirik!

 

Jumlah Rak Sesuai Ruangan, Jangan Overdosis

Rak dinding bukan cuma buat nyimpen barang, tapi juga buat pajang dekorasi. Tapi hati-hati, jangan kebanyakan rak sampai ruangan jadi berantakan. Untuk ruangan besar, 2-3 rak dengan ukuran yang beragam cukup oke. Pastiin juga cocok sama desain ruangan, ya!

Baca juga Tips Memilih Furniture yang Ramah Lingkungan dengan Tampilan Estetis

Kuat dan Tangguh

Saat memilih rak dinding, jangan abaikan aspek ketebalannya. Ketebalan rak dapat menentukan sejauh mana rak dapat menopang beban barang-barangmu. Jika tujuanmu adalah menyimpan barang-barang berat seperti koleksi buku, tanaman palsu, atau bingkai foto, pastikan rak dinding memiliki ketebalan yang memadai.

Sebagai panduan umum, pilihlah rak dinding dengan ketebalan sekitar 4-5 cm. Dengan ketebalan ini, rak dapat memberikan dukungan yang cukup untuk barang-barang yang ditempatkan di atasnya. Pastikan juga untuk menyesuaikan ketebalan dengan jenis bahan rak dinding yang kamu pilih. Material yang kokoh dan berkualitas akan meningkatkan daya tahan rak terhadap beban berat.

Intinya, pasang rak dinding tuh gampang-gampang susah, tapi kalo udah pas, ruangan jadi makin kece. Semoga tips ini membantu, yuk mulai eksplorasi kreativitas di rumah!