Cara Membuat Interior Rumah Minimalis Bergaya Jepang

Jasa Arsitek Rumah – Dekorasi interior yang mengangkat budaya khas jepang memang belakangan ini menjadi perbincangan. Selain kesan yang hangat, interior yang mengangkat budaya jepang juga memberikan kesan yang menawan dan unik, sehingga gaya ini bisa menjadi gaya dekorasi yang anda pilih untuk terlihat berbeda dari pada gaya dekorasi interior yang umum di indonesia. Lantas bagaimana cara membuat interior rumah bergaya jepang? Berikut kami punya tipsnya.

 

1. Pasang Lantai Berbahan Kayu

Lantai berbahan kayu adalah elemen penting dalam desain interior bergaya Jepang. Kayu memberikan nuansa hangat dan alami yang menjadi ciri khas rumah-rumah di Jepang. Anda bisa memilih jenis kayu seperti pinus atau bambu yang memiliki tekstur dan warna yang indah. Selain itu, lantai kayu juga mudah dibersihkan dan tahan lama.

 

2. Ciptakan Cahaya Alami pada Rumah

Cahaya alami sangat penting dalam desain interior Jepang. Jendela besar dan tirai yang transparan dapat membantu menerangi ruangan dengan cahaya alami. Selain itu, cahaya alami juga dapat menciptakan suasana yang tenang dan menenangkan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan skylight atau atap kaca untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami.

 

3. Gunakan Furniture Khas Jepang

Furniture khas Jepang seperti kotatsu dan tatami dapat menambah autentisitas desain interior Anda. Furnitur ini tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki estetika yang kuat yang dapat memperkaya tampilan interior rumah Anda. Kotatsu, misalnya, adalah meja rendah dengan selimut yang dipasang di atasnya dan pemanas di bawahnya, sedangkan tatami adalah matras yang digunakan sebagai lantai di rumah-rumah Jepang.

Selain dari itu, ada banyak lagi jenis jenis furniture atau perabot khas jepang lainnya yang bisa dipilih seperti

 

Zabuton (Bantal Duduk Tradisional)

Zabuton adalah bantal duduk tradisional yang biasanya digunakan di atas tatami. Untuk membuat zabuton, Anda akan memerlukan kain dan bahan pengisi seperti kapuk atau busa. Anda bisa menjahit kain menjadi bentuk persegi atau persegi panjang, kemudian mengisinya dengan bahan pengisi.

 

Chabudai (Meja Makan atau Meja Minum Teh dengan Ukuran Pendek)

Chabudai adalah meja pendek yang biasanya digunakan untuk makan atau minum teh. Untuk membuat chabudai, Anda akan memerlukan kayu yang telah dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Anda bisa merakit potongan-potongan kayu tersebut menjadi bentuk meja.

 

Zaisu (Kursi Duduk Tanpa Kaki)

Zaisu adalah kursi duduk tanpa kaki yang biasanya digunakan di atas tatami. Untuk membuat zaisu, Anda akan memerlukan kayu yang telah dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Anda bisa merakit potongan-potongan kayu tersebut menjadi bentuk kursi.

 

Kotatsu (Meja Penghangat)

Kotatsu adalah meja dengan selimut dan pemanas di bawahnya. Untuk membuat kotatsu, Anda akan memerlukan meja, selimut, dan pemanas. Anda bisa memasang pemanas di bawah meja, kemudian menutupi meja dengan selimut.

 

4. Gunakan Pintu Geser

Pintu geser atau shoji adalah elemen lain yang khas dalam desain interior Jepang. Pintu ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Shoji biasanya terbuat dari kayu dan kertas, dan dapat digunakan sebagai pintu, jendela, atau dinding pemisah.

 

5. Terapkan Warna-warna Netral pada Hunian

Warna-warna netral seperti putih, coklat, dan abu-abu sering digunakan dalam desain interior Jepang. Warna-warna ini menciptakan suasana yang tenang dan seimbang. Anda bisa menggunakannya pada dinding, furniture, dan aksesori lainnya. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna putih untuk dinding dan furniture, sementara aksesori dan dekorasi bisa berwarna coklat atau abu-abu.

Baca juga Tips Desain Rumah Minimalis Modern yang Menarik

6. Pasang Lampu Gantung Khas Jepang

Lampu gantung khas Jepang atau lantern dapat memberikan sentuhan akhir pada desain interior Anda. Lampu ini tidak hanya memberikan penerangan tambahan, tetapi juga menambah keindahan estetika ruangan. Anda bisa memilih lantern dengan desain tradisional atau modern, tergantung pada selera Anda.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa menciptakan desain interior rumah minimalis yang bergaya Jepang. Selamat mencoba.