Daftar Harga Batako Terbaru, Jenis dan Keunggulannya

Daftar Harga Batako

Daftar Harga Batako – Batako menjadi salah satu bahan prefabrikasi yang terutama dipakai untuk membangun dinding. Batako sebagai salah satunya materi yang bisa diandalkan untuk membangun dinding.

Jika dulunya banyak orang masih memakai batu bata merah yang dibuat dari tanah liat sebagai material bangunan untuk dinding, kini kehadiran batako mulai menggeser pamor bata merah. Apalagi harga batako lebih terjangkau.

Tak salah bila batako jadi makin digemari oleh orang-orang yang tinggal di rumah-rumah modern. Pastinya, sebagai struktural atau non struktural, baiknya dinding dibangun dengan baik, rapi, kokoh dan kuat agar tidak mudah rusak dan bolak-balik renovasi ke depannya.

Daftar Harga Batako Terbaru, Jenis dan Keunggulannya

Apa Itu Batako?

Batako ialah batu bata padatan atau yang dikenal dengan concrete brick. Batako terbuat dari campuran beberapa bahan seperti semen, kapur, kericak, dan pasir.

Di Indonesia istilah concrete kerap disamakan dengan beton. Tak heran batako sering disamakan dengan bataton (batu bata beton) dan sekilas mirip dengan paving block yang digunakan untuk material lantai atau jalan.

Batako pada umumnya merupakan material rumah untuk dinding yang dibuat dari bahan campuran antara lain semen dan pasir kasar, serta air.

Komponen bahan itu dicampur jadi satu hingga akhirnya dipadatkan sampai tercetak bentuk menyerupai batu bata seperti yang beredar di pasaran.

Berbeda dengan proses pembuatan bata merah yang perlu dibakar dulu dalam suhu tinggi, pembuatan batako hanya perlu dikeringkan di tempat terbuka dan teduh agar tidak terkena sinar panas matahari secara langsung.

Dalam pemasangannya, seperti batu bata, batako ditumpuk jadi satu dan digabungkan dengan mortar. Biasanya terbagi dalam semen, pasir, dan air. Balok-balok batako itu berongga di dalamnya untuk memungkinkan tangkai baja dan pengisian mortir.

Baca Juga:  Roster Minimalis Terbaik: Penyempurnaan Ruang Anda

Balok batako ini ada dalam berbagai dimensi dan tekstur, dari permukaan lembut tradisional sampai pelapis beralur atau kasar, dan unit khusus untuk sudut atau balok dengan tulangan longitudinal.

Daftar Harga Batako

Jenis dan Ukuran Batako

  • Batako trass
    Jenis batako ini sering disebut juga dengan bata cetak kapur trass atau batako kapur, karena terbuat dari campuran trass, batu kapur, dan air.
    Trass tersebut merupakan jenis tanah mempunyai warna putih atau putih kecoklatan yang dari pelapukan batu-batu gunung berapi.
    Cara pembikinannya mirip dengan bata merah yaitu dibakar hingga bahannya mengeras agar siap dipakai. Tak heran, batako ini juga dikenal dengan bata putih.
  • Batako Semen
    Jenis batako ini disebut dengan batako press yang dibuat dari campuran semen dan pasir dan memiliki luas penampang lubang lebih dari seperempat dari isi batanya. Batako ini memiliki dua atau tiga lubang di sisinya untuk diisi oleh adukan pengikat atau spesi.
  • Batako Beton (bataton)
    Jenis batako ini terbuat dari campuran semen Portland (PC) atau sejenisnya, pasir, atau tanpa bahan tambahan lainnya, dicetak sedemikian rupa hingga memenuhi syarat dan bisa digunakan sebagai material pembikin dinding.

Harga Batako Ringan

Batako ringan terbuat dari pasir dengan rongga yang membuat berat batako jenis ini lebih ringan. Berikut harga batako enteng di pasaran.

Jenis Harga
Batako Press 3 Lubang Rp1.200
Press Franco 3 Lubang Rp1.200
Batako Press Lock Rp2.100
Batako Murni Rp2.900
Batako Semen Rp3.100
Batako Jogja Rp 3.600
Batako Putih Rp3.600
Batako Reguler 3 Lubang Rp3.700
Batako Reguler 2 Lubang Rp3.900
Batako Conblock Murni Rp4.500

Harga Batako Hebel

Batako selanjutnya adalah batako hebel yang memiliki bobot lebih berat dibandingkan batako putih dan ringan. Anda dapat membeli dan memesan batako jenis ini dengan satuan ukuran per kubik.

Baca Juga:  Pondasi Sloof Gantung Keunggulan dan Kekurangan
aerah Harga per Kubik
Medan Rp620.000
Bandung Rp680.000
Yogyakarta Rp680.000
Jawa Barat Rp680.000
Jawa Timur Rp680.000
Malang Rp680.000
Mojokerto Rp680.000
Palembang Rp690.000
Jambi Rp700.000
Pasaran Rp700.000
Semarang Rp700.000
Lampung Rp700.000
Jakarta Rp720.000
Makassar Rp720.000
Kalimantan Rp730.000
Pekanbaru Rp740.000
Riau Rp750.000
Pontianak Rp750.000

 

Keunggulan dan Kekurangan Batako

Salah satu hal yang menjadi keunggulan batako ialah sifatnya yang anti atau kedap air. Karakter tersebut meminimalkan risiko terjadinya rembesan air pada dinding.

Bahkan juga, bila batako yang dipakai memiliki kualitas yang baik, rembesan pada dinding dapat dihilangkan. Pasti saja dengan teknik pemasangan yang benar dan bagus juga.

Sementara di itu, kelemahan batako adalah dari sisi kekuatannya yang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan batu bata merah. Material batako mudah retak atau pecah apa lagi jika lubang tidak diisi adukan semen. Kurang baik untuk insulasi panas dan suara