Daftar Harga Hebel per Kubik Terbaru

Daftar Harga Hebel

Daftar Harga Hebel – Dapat membangun rumah atau hunian Anda sendiri adalah salah satu hal yang sangat berharga. Proses yang panjang untuk dapat menikmati sebuah pencapaian, yaitu bisa memiliki rumah tinggal sendiri tanpa harus repot untuk mengontrak atau menyewa rumah.

Membangun sebuah rumah tinggal pasti harus menggunakan bahan-bahan berkualitas baik dan memiliki harga yang tidak terlalu membebani Anda di saat membangun rumah. Salah satu sisi yang perlu Anda perhatikan harganya ialah harga hebel per kubik.

Hebel merupakan sebuah komponen atau bahan utama yang dipakai saat akan membangun sebuah rumah. Rumah Anda yang nyaris seluruhnya terbuat dari hebel tentu harus diperhatikan seberapa besar pengeluaran yang Anda perlukan untuk membeli hebel itu.

Daftar Harga Hebel per Kubik Terbaru

Daftar Harga Hebel

Sedikit berbeda dengan bata merah, bata hebel umumnya dijual dengan hitungan kubikasi. Walaupun ada beberapa toko bahan bangunan yang memberikan harga hebel secara eceran, akan tetapi umumnya akan menjual dan memberikan harga secara kubikasi.

Harga Satuan Bata Hebel

Jenis Bata Hebel
Harga
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm
Rp7.800 per buah
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm
Rp10.000 per buah

Harga Hebel per Kubik (CLC)

Jenis Bata Hebel
Harga
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm
Rp600.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm
Rp600.000 per kubik

Harga Hebel per Kubik (AAC)

Jenis Bata Hebel
Harga
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Grade A)
Rp500.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm (Grade A)
Rp500.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Grade A+)
Rp600.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm (Grade A+)
Rp600.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Alfa)
Rp620.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Saka)
Rp620.000 per kubik
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Elephant Block)
Rp800.000 per kubik

Jenis Bata Hebel dan Perbedaannya

Baca Juga:  Jenis Kayu Lapis yang Perlu Kamu Ketahui

Semenjak puluhan tahun lalu hingga saat ini, bata merah masih menjadi pilihan utama dalam membuat satu bangunan. Ini jadi satu hal yang umum karena tidak ada pilihan lain dalam membuat satu bangunan.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada beberapa pilihan lain yang dapat diputuskan selain bata merah, bata hebel. Dengan harga hebel yang lebih terjangkau dan kualitas yang baik, semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan bata hebel.

Banyak yang beranggapan jika bata hebel sebagai evolusi dari batako, jenis bata yang telah ada sejak beberapa tahun lalu.

Ini karena bentuk bata hebel dan batako memang agak mirip. Selain itu, jumlah penjualan bata hebel sama seperti batako. Jenis bata ini bisa dibeli secara satuan atau ecer dan secara borongan dengan hitungan kubikasi.

Sebelum mengetahui jenis bata hebel yang dapat ditemukan di pasaran, sebaiknya untuk ketahui apa itu bata hebel. Pada intinya, bata hebel merupakan versi enteng dari bata merah yang sudah terlebih dahulu digunakan.

Ini bisa terjadi karena pada saat proses pembangunan, udara ditambahkan ke dalam bata hebel. Ini yang menyebabkan bata hebel mempunyai berat yang lebih ringan dibandingkan dengan bata merah pada umumnya.

Hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

Jenis bata hebel yang kedua ialah Autoclaved Aerated Concrete atau yang biasa dikenal dengan nama AAC. Bata hebel jenis ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, bata hebel AAC menjadi favorit jika dibandingkan dengan bata hebel CLC meskipun harga hebel ini sedikit mahal.

Berlainan dengan bata hebel CLC yang menggunakan proses tradisional, pembuatan bata hebel AAC ini gunakan campuran bahan kimia.

Hebel CLC (Cellular Lightweight Concrete)

Baca Juga:  Gambar Pondasi Rumah 6x9: Landasan Kuat untuk Hunian

Yang pertama adalah Cellular Lightweight Concrete atau yang biasa dikenal dengan istilah hebel CLC. Proses pembuatan hebel jenis ini umumnya cukup tradisional. Bahan khusus yang diperlukan adalah pasir, semen, dan busa organik.

Di dalam masalah tersebut, proses pemberian gelembung udara hanya menggunakan busa organik yang dicampur ke adonan pokok untuk membuat bata hebel.

Selain itu, proses pengeringan bata hebel jenis ini mengandalkan cuaca atau panas matahari. Dengan kata lain, proses pengeringan bata hebel CLC umumnya memakan waktu yang cukup lama.

Biasanya, proses pengeringan dapat memakan waktu hingga dua atau tiga hari. Hal ini yang menyebabkan harga hebel CLC sedikit lebih mahal dibandingkan dengan standar AAC.

 

Itulah pembahasan komplet mengenai daftar harga hebel terkini dan jenis-jenisnya yang perlu Anda kenali. Pastikan untuk selalu cari referensi harga terbaik sebelum memutuskan untuk membeli bata hebel untuk pembangunan rumah Anda.