Denah Rumah Ukuran 7×12 3 Kamar untuk Keluarga Baru

Denah Rumah Ukuran 7×12 – Sekarang tak lagi digolongkan sebagai rumah dengan ukuran yang sangat minim. Meski tampak terbatas, tetapi sangat mungkin penggunaan ruangnya untuk keluarga muda yang memiliki 1 atau 2 anak.

Untuk Anda yang sedang merencanakan memiliki rumah 7×12 dengan 3 kamar, simak inspirasi di artikel berikut yang akan memberi 7 ide denah rumah 7×12.

Denah Rumah Ukuran 7×12 3 Kamar untuk Keluarga Baru

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 Minimalis

Denah Rumah Ukuran 7x12

Denah rumah 7×12 kamar 3 sangat pas untuk dibuat desain minimalis. Walau dibikin minimalis, desain 7×12 bisa dibikin fungsional seperti gambar di atas. Anda dapat memiliki 3 kamar tidur untuk 1 kamar khusus dan 2 kamar anak, atau 1 kamar khusus, 1 kamar anak, dan 1 ruang tamu.

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 Satu Lantai

Meski hanya satu lantai, rumah memiliki ukuran 7×12 bisa dibuat fungsional. Dengan desain dan denah yang tepat, Anda bisa memiliki 3 buah kamar dengan ruangan lain yang tidak kalah lengkap dari rumah dengan ukuran yang lebih luas.

Selainnya 3 kamar tidur, Anda dapat memiliki semua ruangan seperti ruang tamu atau ruang keluarga, dapur, kamar mandi, bahkan juga teras untuk ruang parkir mobil atau kendaraan.

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 Dua Lantai

Denah Rumah Ukuran 7x12

Untuk menyiasati lahan yang terbatas, Anda dapat membuat rumah berukuran 7×12 dengan 2 lantai seperti gambar di atas.

Selain bisa memiliki 3 kamar tidur, Anda dapat memiliki aneka ruangan fungsional yang lain. Dengan memaksimalkan 2 lantai, ruangan bisa dibuat lebih luas, bahkan Anda bisa memiliki area taman di depan atau belakang.

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 dengan Halaman Depan

Denah rumah 7×12 dengan 3 kamar bisa dimaksimalkan dengan menambah halaman depan yang cukup luas.

Dengan penataan dan desain yang pas, Anda bisa memiliki semua ruangan rumah yang fungsional seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, bahkan masih memiliki ruang untuk membuat taman di belakang rumah.

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 dengan Halaman Belakang
Baca Juga:  Warna Keramik Lantai Terbaru yang Keren dan Mewah

Denah Rumah Ukuran 7x12

Dengan ukuran 7×12, Anda tidak hanya dapat memiliki halaman depan, tetapi juga halaman belakang lho! Tentunya dengan tetap memiliki 3 kamar tidur dan ruangan lainnya.

Anda masih bisa memiliki teras, ruang tamu, ruang makan, dapur, toilet. Anda bisa meminimalisir sekat di antara ruang makan dan ruang tamu sehingga ruangan akan berasa lebih luas.

  1. Denah Rumah 7×12 Kamar 3 dengan Carport

Rumah berukuran 7×12 terbilang sangat bagus untuk keluarga muda karena dapat memenuhi segala kebutuhan ruangan yang bagus sebuah rumah.

Dengan ukuran 7×12, Anda bisa memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, uang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, taman, bahkan Anda dapat membuat carport seperti gambar di atas.

  1. Denah Rumah Ukuran 7×12 Kamar 3 dengan Mushola

Denah Rumah Ukuran 7x12

Dengan ukuran rumah 7×12, Anda dapat memiliki ruang beribadah atau mushola lho! Dengan desain dan penentuan ruangan yang bagus, Anda bisa menambahkan ruangan untuk sholat sehingga beribadah lebih menjadi nyaman.

Selain memiliki mushola, Anda pun tetap memiliki 3 atau bahkan 4 kamar tidur, dan dilengkapi dengan ruang fungsional lainnya.

Tips Mendesain Rumah dengan Ukuran 7×12 Meter

Mendesain rumah dengan ukuran 7×12 meter membutuhkan perencanaan yang cermat agar ruang dimaksimalkan dan memenuhi kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam merancang rumah dengan ukuran tersebut:

  • Perencanaan Tepat
    Langkah pertama adalah membuat rencana yang tepat. Tentukan bagaimana Anda ingin membagi ruang dalam rumah, termasuk jumlah kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan area lainnya. Pertimbangkan kebutuhan keluarga Anda dan buat rencana lantai yang memungkinkan sirkulasi yang lancar.
  • Kreatif dengan Penyimpanan
    Dalam rumah berukuran 7×12 meter, penting untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Pertimbangkan penyimpanan terintegrasi seperti lemari dinding, rak, atau laci yang dapat menghemat ruang tanah. Dengan penyimpanan yang efisien, Anda dapat menjaga rumah tetap rapi.
  • Cahaya Alami
    Manfaatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Desain jendela besar atau pintu kaca geser untuk memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Ini tidak hanya membuat rumah terang, tetapi juga menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.
  • Fungsionalitas Prioritas
    Dalam ruang terbatas, fungsionalitas harus menjadi prioritas. Pilih furnitur yang multifungsi dan hemat ruang. Misalnya, tempat tidur dengan laci di bawahnya atau meja makan lipat. Ini akan membantu Anda memanfaatkan setiap sentimeter ruang.
  • Desain Terbuka
    Untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar, pertimbangkan desain terbuka. Ruang tamu, dapur, dan ruang makan yang terbuka satu sama lain dapat menciptakan kesan luas. Namun, pastikan Anda memiliki pemisah yang efisien, seperti perabot atau panel, untuk menjaga privasi saat diperlukan.
  • Konsistensi dalam Warna dan Desain
    Konsistensi dalam warna dan desain dapat membantu menciptakan tampilan yang bersatu dan lapang dalam rumah berukuran 7×12 meter. Pilih palet warna yang seragam dan perabot yang serasi. Ini akan menciptakan tampilan yang bersih dan teratur.
  • Taman atau Teras Luar Ruangan
    Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menciptakan taman atau teras di luar ruangan. Area ini dapat menjadi perpanjangan dari ruang hidup Anda dan memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai.
  • Teknologi Modern
    Manfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda. Sistem pintar dapat mengendalikan pencahayaan, suhu, keamanan, dan banyak lagi.
Baca Juga:  Rumah Limasan Sederhana sebagai Simbol Kesejahteraan

Dengan perencanaan yang baik dan kreativitas dalam desain, rumah berukuran 7×12 meter dapat menjadi tempat yang nyaman dan fungsional. Ingatlah untuk memprioritaskan kebutuhan Anda dan menjaga kesederhanaan dalam desain agar rumah tetap teratur. Semoga tips ini membantu Anda dalam merencanakan rumah Anda.

Itulah 7 ide denah rumah ukuran 7×12 kamar 3 untuk Anda, yang dapat dijadikan inspirsai dalam membuat rumah mimpi.