Desain Arsitektur Kontemporer

Desain Arsitektur Kontemporer

Desain Arsitektur Kontemporer – Kata kontemporer sendiri bias diartikan sebagai sesuatu yang serba uptodate, ditandai dengan perubahan desain yang selalu berusaha menyesuaikan dengan waktu daneranya.

Perubahan desain itu diringi oleh perubahan bentuk, tampilan, jenis material, proses pengolahan, dan teknologi yang di pakai. Arsiktektur kontemporer menyajikan konsep dan gaya kekininan. Biasanya desain arsitektur lebih kompleks, inovatif, variatif dan fleksibel.

Gaya ini mulai berkembang sekitar awal 1920-an yang dimotori oleh sekumpulan arsitek Bauhaus School of Design.

Ciri-ciri yang mendasar pada gaya kontemporer terlihat pada konsep ruang yang terkesan terbuka atau open plan, harmonisasi ruangan yang menyatu dengan ruang luar, memiliki fasad yang terbuka.

Arsitektur ini dikenali lewat karakter desain yang praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih. Detail detail bergaris lurus.

Kenyamanan dan awet tahan lama merupakan nilai penting dalam bangunan kontemporer. Selain intu, dalam hal interior desain banyak berpadu dengan tata cahaya untuk menghasilkan kesan ruang yang selalu segar, sebisa mungkin selalu selaras dengan perkembangan desain kekiniam.

Desain Arsitektur Kontemporer

Gunakan percikan warna cerah

Desain Arsitektur Kontemporer

Palet warna gaya desain interior kontemporer memang didominasi dengan palet warna. Netral seperti abu-abu, cokelat, hitam, dan putih.

Penggunaan warna-warna ini untuk elemen interior seperti dinding, lantai, plafond, dan sisakan tempat untuk percikan warna ceria pada aksesoris dan perabotan ruangan.

Membawa Masuk Cahaya Alami dalam Ruangan

Ruangan dibuat terbuka dan terang dengan memasukkan cahaya alami dalam ruangan. Pilih material lantai warna putih agar cahaya bisa dipantulkan ke seluruh penjuru ruangan dalam rumah.

Gunakan juga material kaca sebagai ganti dinding, jendela besar transparan, dan skylight untuk membawa masuk cahaya alami sebanyak-banyaknya dalam ruangan.

Baca Juga:  Gambar Tiang Rumah Minimalis: Elemen Desain yang Kuat

Menggunakan Konsep Open Plan

Desain Arsitektur Kontemporer

Rumah huni bergaya kontemporer tampil dengan ciri seakan menyatukan semua ruangan dalam hunian. Batas kabur antara ruangan yang satu dengan yang lainnya adalah konsep open plan sempurna untuk gaya kontemporer.

Penggunaan Material Alami pada Interior

Material alami membawa rasa baru yang menyegarkan pada hunian bergaya kontemporer. Bahan prganik seperti kayu, batu alam, slate, jati, cotton, wool, dan lainnya bisa tampil mengesankan pada desain interior rumah huni kontemporer.

Detail Kontemporer pada Ruangan

Desain Arsitektur Kontemporer

Pilihan Material lebih beragam dengan memasukan unsur industrial seperti kabel baja, kaca, atau bahan industrial lainnya.

Dominasi Elemen Garis

Interior yang bergaya kontemporer juga dapat dikenali dengan adanya elemen garis lurus. Salah satu ciri desain kontemporer adalah penggunaan permainan garis lurus yang berulang baik dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Elemen garis ini dapat diperoleh dari furniture, bukaan, warna atau sengaja ditambahkan elemen garis pada ruangan.

Teknologi Tersembunyi dalam hunian

Desain Arsitektur Kontemporer

Salah satu fitur dari desain interior kontemporer yang banyak disukai adalah “teknologi tersembunyi” yang siap membuat kagum siapapun yang melihat.

Pada desainer termuka mencoba untuk membawa kontrol inovatif dalam gaya hidup masa ini dan dapat dilihat seberapa banyak hal ini untuk membawa suasana kontemporer pada hunian.

Eksplorasi imajinasi pada desain

Desian kontemporere memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk melepaskan aturan formal menjadi lebih terbuka dan dinamis.

 

Bentuk Hunian Kontemporer

Desain Arsitektur Kontemporer

Konsep oriental memiliki bentuk yang memiliki karakter tersendiri terutama pada bentuk furniture dan aksesorisnya.

Bentuk-bentuk khas pada desain oriental seperti bentuk naga, teratai, bentuk ornamen-ornamen etnik khas oriental, bentuk dari Dewa kepercayaan orang timur dan lengkap dengan detail tulisan.