Desain Kontrakan Ukuran 3×6 Super Minimalis nan Unik

Desain Kontrakan Ukuran 3×6 – Desain kontrakan 3×6 cukup untuk menampung keluarga muda yang belum memiliki rumah sendiri. Ditambah area lahan yang makin terbatas, membuat kontrakan berukuran 3×6 semakin diminati.

Meski terlihat kecil, dengan desain dan tata letak yang pas, kontrakan dengan ukuran 3×6 bisa terasa luas dan nyaman.

Untuk Anda keluarga muda yang tengah cari desain kontrakan dengan ukuran 3×6 yang anti sempit dan murah, baca artikel berikut ini!!

Desain Kontrakan Ukuran 3×6 Super Minimalis nan Unik

  1. Desain Kontrakan 3×6 1 Lantai

Desain Kontrakan Ukuran 3x6

Kontrakan dengan ukuran 3×6 satu lantai memang terkesan terbatas dan sempit. Namun untuk pasangan suami istri, tinggal di kontrakan 3×6 satu lantai ialah hal yang memungkinkan.

Anda tetap bisa mendapatkan fungsi dari hunian seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi, bahkan bisa memiliki halaman mungil seperti gambar di atas.

Kuncinya, hindari memiliki banyak barang, memakai lemari penyimpanan yang praktis, ringkas, dan multifungsi. Misalnya lemari rendah yang sekalian bisa menjadi meja kerja, dan sebagainya.

  1. Desain Kontrakan 3×6 2 Lantai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya desain kontrakan ukuran 3×6 memiliki lahan yang terbatas, hingga bisa dijadikan konsep rumah tumbuh.

Rumah tumbuh sendiri ialah rumah yang dapat dibuat bertahap, disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Desain kontrakan ukuran 3×6 juga bisa dijadikan bangunan 2 lantai untuk memberi kenyamanan penghuni.

  1. Desain Kontrakan 3×6 1 Kamar Tidur

Desain Kontrakan Ukuran 3x6

Memiliki luas bangunan yang terbatas, rumah kontrakan 3×6 pas jadi hunian bagi mahasiswa, pekerja, atau bahkan pasutri baru, tipe 1 kamar tidur ini banyak diminati.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya bila Anda menyediakan desain rumah kontrakan 3×6 1 kamar tidur yang dapat dipilih calon penghuni.

Selainnya memiliki harga yang lebih murah, rumah kontrakan dengan 1 kamar tidur juga gampang dibersihkan, dan mudah juga perawatannya.

  1. Desain Kontrakan 3×6 2 Kamar Tidur

Bila sebelumnya cuma memiliki 1 kamar tidur, tipe desain kontrakan 3×6 juga bisa dijadikan 2 kamar tidur walau memiliki luas yang terbatas. Mempunyai desain rumah kontrakan dengan 2 kamar tidur memerlukan penataan yang fungsional supaya ruang hunian tidak terlihat sempit dan sumpek.

Kontrakan 2 kamar tidur pas jadi hunian untuk Anda yang telah berkeluarga dan mempunyai anak. Atau, untuk Anda yang kerja di rumah, dapat memanfaatkan area kamar yang tidak kepakai sebagai ruang kerja.

  1. Desain Kontrakan 3×6 Minimalis
Baca Juga:  Desain dalam Rumah Minimalis: Kreativitas Berpadu Harmonis

Desain Kontrakan Ukuran 3x6

Tipe 3×6 banyak mengaplikasikan desain kontrakan minimalis yang diminati pasutri muda dengan gaya hidup praktis. Desain yang minimalis menghadirkan hunian yang kelihatan rapi dan bersih, tidak terlalu banyak ornamen dan fungsional.

  1. Desain Kontrakan 3×6 dengan Halaman

Walau memiliki keterbatasan lahan, kontrakan 3×6 dapat memiliki halaman seperti gambar di atas. Di area halaman itu dapat dimanfaatkan untuk ruang terbuka, atau tempat parkir kendaraan. Pas untuk pasutri muda yang mempunyai kendaraan roda 4.

  1. Desain Rumah Kontrakan 1 Petak

Desain Kontrakan Ukuran 3x6

Desain rumah kontrakan 1 petak menjadi pilihan selanjutnya. Desain rumah petak ini umumnya sangat populer di Indonesia, pasalnya rumah ini menjadi solusi untuk beberapa pekerja dengan penghasilan rendah supaya bisa mendapatkan hunian yang pantas dan dekat dengan tempat kerja.

Rumah petak mempunyai keunggulan lain yakni biaya sewa yang dapat ditanggung bersama, dan memiliki harga yang ekonomis alias terjangkau.

Namun untuk desain rumah kontrakan 1 petak mempunyai beberapa kekurangan, misalkan bangunan rumah yang lebih kecil, terbatas untuk keluarga kecil, dan biasanya untuk rumah kontrakan 1 petak mempunyai kamar mandi yang terpisah dari di rumah.

  1. Desain Rumah Kontrakan 3 Petak

Kontrakan 3 petak mempunyai lahan yang lebih luas dibanding rumah kontrakan 1 petak dan biasanya rumah kontrakan ini memiliki desain yang lebih baik. Dan tentu saja biaya kontrakan 3 petak lebih mahal, tetapi biasanya telah dilengkapi dengan carport atau lahan parkir.

Rumah kontrakan 3 petak umumnya mempunyai lokasi strategis karena ditargetkan untuk beberapa pekerja yang dekat dengan pusat perkotaan seperti pusat perbelanjaan, mal, teritori bisnis dan lain sebagainya.

Mendesain kontrakan berukuran 3×6 meter memerlukan perencanaan yang cermat untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman. Berikut adalah beberapa tips desain untuk kontrakan berukuran 3×6 meter:

Penyusunan Tata Letak yang Efisien: Pertama-tama, perencanakan tata letak yang efisien. Pertimbangkan letak pintu masuk, jendela, dan dinding pembatas. Pastikan setiap sudut ruang dimaksimalkan.

Pemilihan Warna yang Cerah: Gunakan warna-warna cerah untuk dinding dan langit-langit. Ini akan menciptakan kesan ruang yang lebih besar dan memberikan cahaya alami yang lebih baik.

Pilih Furnitur Multifungsi: Saat memilih furnitur, cari yang multifungsi. Misalnya, tempat tidur lipat atau sofa bed dapat digunakan sebagai tempat tidur di malam hari dan sofa di siang hari.

Baca Juga:  Gambaran Rumah Tingkat: Harmoni Fungsional dan Estetika

Meja Lipat: Meja yang bisa dilipat adalah pilihan cerdas untuk menghemat ruang. Anda dapat melipatnya saat tidak digunakan, dan membukanya untuk makan atau bekerja.

Gantung Rak: Rak yang digantung di dinding dapat digunakan untuk penyimpanan buku, barang-barang pribadi, atau peralatan dapur. Ini menghemat lantai ruang berharga.

Kaca dan Cermin: Gunakan kaca dan cermin untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Cermin juga dapat membantu dalam pencahayaan ruang dengan memantulkan cahaya.

Pilih Furnitur Skala Kecil: Pilih furnitur yang sesuai dengan skala ruangan. Hindari furnitur yang terlalu besar yang dapat membuat ruangan terasa sesak.

Pencahayaan yang Baik: Pertimbangkan pencahayaan yang baik, termasuk lampu langit-langit, lampu dinding, dan lampu meja. Ini menciptakan atmosfer yang nyaman dan membantu dalam tugas sehari-hari.

Privasi: Jika kontrakan memiliki beberapa ruangan (misalnya, kamar tidur dan ruang tamu), pertimbangkan penyekat atau tirai untuk memberikan privasi yang diperlukan.

Penyimpanan yang Terorganisir: Desain penyimpanan yang terorganisir sangat penting dalam ruang terbatas. Gunakan lemari, laci, dan rak buku untuk menjaga barang-barang tetap rapi.

Perawatan Halaman: Jika memungkinkan, ciptakan area kecil di luar ruangan seperti halaman atau taman pot untuk menciptakan ruang hijau yang menyegarkan.

Dekorasi Dinding: Hiasan dinding seperti lukisan, cermin, atau foto dapat menambahkan sentuhan pribadi dan mempercantik ruangan.

Ventilasi yang Baik: Pastikan ada ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara yang sehat. Jendela yang dapat dibuka adalah solusi terbaik.

Kebersihan dan Keteraturan: Jaga ruangan tetap bersih dan teratur. Ruang terbatas terlihat lebih luas ketika tidak ada barang yang berserakan.

Keamanan: Pastikan pintu dan jendela aman. Keamanan adalah prioritas, terutama dalam kontrakan.

Pentingnya Ruang Terbuka: Jika memungkinkan, buat ruang terbuka di dalam ruangan, seperti rak terbuka atau rak dinding, agar ruangan terasa lebih luas.

Desain rumah kontrakan 3 petak pun umumnya memiliki konsep yang modern karena banyak ditawarkan untuk generasi milenial. Tentu saja rumah kontrakan 3 petak ini juga memiliki denah yang minimalis dan cocok untukmu yang ingin mempunyai hunian strategis dan dekat sama pusat kota.

Itulah desain kontrakan dengan ukuran 3×6 yang bisa Anda jadikan ide untuk membuat kontrakan dengan lahan terbatas.