Desain Rumah Atap Miring Unik dan Menarik

Desain Rumah Atap Miring – Atap sebagai salah satunya sisi rumah yang berada di bagian atas di suatu bangunan.

Atap berperan membuat perlindungan bangunan yang ada dibawahnya dari hujan dan panas. Selainnya sebagai komponen fungsional, atap sebagai komponen artistik di suatu bangunan.

Ada beberapa sekalai desain atap rumah yang bisa kita pakai. Satu diantaranya ialah desain rumah atap miring. Untuk memperjelasnya kita baca bersama desain atap miring berikut ini.

Desain Rumah Atap Miring Unik dan Menarik

  1. Rumah 1 lantai dengan atap miring di depan

Desain Rumah Atap Miring

Bila atap rumah umumnya berwujud rumah, karena itu untuk saat ini model atap rumah semacam itu telah jarang-jarang dipakai. Karena yang tren saat ini ialah pemakaian atap miing, satu diantaranya ialah atap miring ke depan.

 

  1. Konsep atap miring Samping

Konsep atap miring samping ini lebih banyak dipakai untuk rumah dengan 2 lantai. Di mana atap rumah miring samping ini dipakai di bagian atap rumah tingkatnya saja, dan sisi atap rumah yang lain tidak di dak memakai atap biasa secara umum.

 

  1. Atap miring untuk minimalis dua lantai

Desain Rumah Atap Miring

Konsep rumah atap miring dua lantai ini bisa kita pakai sebagai salah satunya rekomendasi untuk membikin atap.

Kita dapat menambah atap miring pada bagian kanan dan sisi kirinya atap kita cor untuk jadi podium atau juga bisa untuk menjemur baju. Disamping itu atap yang di cor ini bisa juga digunakan untuk menyimpan bak penampung air.

 

  1. Desain atap miring kedua sisinya

Untuk desain atap miring selanjutnya yakni atap miring pada ke-2 seginya. Di mana pada salah satunya seginya atap miring kekanan, dan sisi kirinya atap miring kekiri.

Yang membuat unik pada desain atap miring ini ialah tinggi dari atap yang miring kekanan dan kekiri itu berbeda, tapi masih tetap simetris.

 

  1. Desain atap rumah miring klasik

Untuk kamu yang penggemar nuansa klasik karena itu dapat memakai desain atap ini. Desain atap rumah ini kelihatan atap miring kekanan dan kekiri karena ada tembok yang batasi atap yang tidak dilapis dengan semen hingga bisa terlihat classic.

Baca Juga:  10+ Contoh Desain Rumah Klasik Modern & Mewah

 

  1. Rumah minimalis dengan atap miring di salah satu sisinya

Desain Rumah Atap Miring

Jika kita ingin membuat desain atap rumah 1 lantai yang memiliki konsep modern karena itu kita dapat memakai atap miring disalah satu seginya. Untuk memperjelasnya bagaimana kemunculan atap rumah itu karena itu dapat disaksikan pada contoh atapnya.

 

  1. Rumah 2 lantai dengan atap miring modern

Rumah yang kelihatan bagus sebagai mimpi tiap orang. Mereka usaha untuk merealisasikan rumah mimpinya.

Maksudnya tidak lain ialah supaya dalam tempati rumah itu berasa nyaman dan aman. Bila memiliki rumah mimpi dua lantai, karena itu pemakaian atap miring ini dapat untuk jadi rekomendasi.

 

  1. Rumah akan terlihat mewah dengan penggunaan atap miring

Meskipun kita cuma memiliki rumah 1 lantai tapi bila kita desain jadi modern minimalis karena itu rumah akan kelihatan mewah. Bila kita saksikan dari depan karena itu atap rumah ini munculkan kesan-kesan modern dan mewah.

 

  1. Konsep rumah atap miring kedepan

Desain Rumah Atap Miring

Pemakaian konsep atap rumah semacam ini jarang-jarang diaplikasikan. Pada intinya konsep rumah ini membuat atap rumah khusus dan atap rumah sisi teras menjadi satu.

 

  1. Penggunaan atap rumah miring satu segi di perumahan

Desain Rumah Atap Miring

Jika kita tinggal diperumahan karena itu kita bisa membuat atap rumah jadi lebih bagus. Konsep atap rumah ini membuat rumah kita kelihatan berlainan dari umumnya.

 

1. Pemilihan Bahan Atap yang Tepat
Pemilihan bahan atap adalah langkah pertama dalam desain rumah dengan atap miring. Bahan atap yang paling umum adalah genteng, seng, atau beton. Anda harus memilih bahan atap yang sesuai dengan iklim dan lingkungan tempat Anda tinggal. Pastikan atap yang Anda pilih tahan terhadap cuaca ekstrem dan tahan lama.

2. Memilih Kemiringan Atap yang Tepat
Kemiringan atap memainkan peran penting dalam desain rumah. Kemiringan atap yang lebih curam cenderung lebih baik dalam mengalirkan air hujan, tetapi kemiringan yang terlalu curam mungkin tidak sesuai dengan gaya rumah Anda.

Baca Juga:  Desain Rumah Dua Lantai Minimalis Terbaru

Jadi, penting untuk menemukan keseimbangan antara estetika dan fungsionalitas. Periksa juga peraturan setempat mengenai kemiringan atap yang diizinkan.

3. Perhatikan Estetika Rumah
Desain atap miring dapat memberikan karakter pada rumah Anda. Pertimbangkan gaya arsitektur rumah Anda dan pilih atap yang sesuai.

Atap miring yang lebih tajam cocok untuk rumah dengan gaya tradisional, sementara atap yang lebih datar mungkin lebih cocok untuk rumah modern. Jangan lupakan pilihan warna dan tekstur atap yang dapat mempengaruhi penampilan keseluruhan rumah.

4. Ventilasi yang Baik
Atap miring yang dirancang dengan baik juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Ini membantu mengatur suhu dalam rumah dan menjaga sirkulasi udara yang sehat. Pastikan ada cukup ventilasi di bawah atap dan di langit-langit untuk mencegah kondensasi.

5. Pertimbangkan Perlindungan dari Cuaca Ekstrem
Atap miring dapat lebih rentan terhadap cuaca ekstrem, seperti badai angin atau hujan deras. Pastikan atap Anda dirancang untuk menahan tekanan angin dan tahan air dengan baik.

Pilihan material dan teknik konstruksi yang benar dapat membantu melindungi rumah Anda dari kerusakan.

6. Desain Plafon yang Menarik
Ketika Anda memiliki atap miring, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan plafon yang menarik di dalam rumah. Plafon dengan potongan-potongan kayu, langit-langit tinggi, atau bahkan plafon kaca di bawah atap miring dapat memberikan sentuhan estetika yang indah.

7. Pertimbangkan Biaya dan Perawatan
Sebelum Anda memutuskan untuk memiliki atap miring, pertimbangkan biaya awal pembangunan serta biaya perawatan jangka panjang.

Beberapa jenis atap miring mungkin memerlukan perawatan lebih sering daripada yang lain, seperti pengecatan atau perawatan material khusus. Pastikan Anda memasukkan ini dalam perencanaan anggaran Anda.

8. Konsultasikan dengan Profesional
Desain rumah dengan atap miring dapat menjadi tugas yang kompleks. Jika Anda tidak yakin dengan semua detail teknisnya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan seorang arsitek atau insinyur sipil yang berpengalaman.

Mereka dapat membantu Anda merencanakan dan mengimplementasikan desain atap miring dengan baik.