Ide Dekorasi Ruang Makan Bergaya Scandinavian yang Cantik dan Elegan

Jasa Desain Rumah – Belakangan ini, ruang makan bergaya Scandinavian kerap eksis di berbagai berbagai tempat. Gaya yang  mengangkat konsep elegan dan cantik ini memang menarik banyak perhatian, sehingga tidak heran jika yang tertarik untuk mengaplikasikannya ke dalam konsep dekorasi ruang  makan. Nah, bagi anda  yang  mungkin berencana ingin mengangkat konsep ruang makan bergaya Scandinavian ini, bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini.

 

1. Ruang Makan Scandinavian Serba Putih

Ruang Makan Scandinavian Serba Putih Putih adalah warna kunci dalam desain interior Scandinavian. Ruang makan serba putih akan menciptakan suasana yang bersih, segar, dan terang. Untuk memberikan kontras dan tekstur, Anda bisa menambahkan beberapa elemen berwarna hitam atau abu-abu gelap, seperti kursi, lampu, atau karpet. Anda juga bisa memilih furniture dengan bentuk geometris atau minimalis untuk menambah kesan modern dan elegan.

 

2. Pencahayaan Alami pada Ruang Makan

Pencahayaan Alami pada Ruang Makan Cahaya alami sangat penting dalam desain Scandinavian. Jika memungkinkan, letakkan ruang makan dekat jendela atau pintu kaca untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Selain itu, Anda bisa menggunakan tirai atau gorden yang tipis dan transparan untuk menyaring cahaya matahari. Anda juga bisa menambahkan beberapa lampu gantung atau dinding yang berwarna putih atau kuning untuk memberikan pencahayaan tambahan saat malam hari.

 

3. Aksen Abu-Abu yang Modern dan Hangat

Aksen Abu-Abu yang Modern dan Hangat Tambahkan aksen abu-abu pada furnitur atau aksesori untuk menciptakan nuansa yang modern dan hangat. Abu-abu adalah warna netral yang bisa dipadukan dengan warna lain dengan mudah. Anda bisa menggunakan abu-abu muda untuk memberikan kesan lembut dan cerah, atau abu-abu tua untuk memberikan kesan kuat dan dramatis. Anda juga bisa menggunakan pola atau motif abu-abu, seperti garis, kotak, atau bintik, untuk memberikan variasi dan dinamika pada ruangan.

 

4. Natural dengan Kayu dan Tanaman

Natural dengan Kayu dan Tanaman Material alami seperti kayu dan tanaman adalah elemen penting dalam desain Scandinavian. Gunakan meja makan kayu dan tambahkan tanaman hijau untuk menambah kehangatan ruangan. Kayu adalah material yang tahan lama dan memiliki tekstur yang indah. Anda bisa memilih kayu dengan warna alami atau dicat putih untuk memberikan kesan bersih dan natural. Tanaman hijau adalah cara yang bagus untuk menambah oksigen dan kesegaran pada ruangan. Anda bisa memilih tanaman yang mudah dirawat, seperti sukulen, kaktus, atau lidah buaya, dan meletakkannya di pot, vas, atau rak.

 

5. Kombinasi Warna Cerah pada Ruang Makan Scandinavian

Kombinasi Warna Cerah pada Ruang Makan Scandinavian Meski dominan putih, ruang makan Scandinavian juga bisa diberi sentuhan warna cerah seperti biru muda, kuning, atau merah muda. Warna cerah akan memberikan energi dan keceriaan pada ruangan. Anda bisa menggunakan warna cerah pada dinding, kursi, bantal, atau hiasan. Anda juga bisa menggunakan warna cerah yang senada atau kontras untuk menciptakan harmoni atau dramatisasi pada ruangan. Namun, jangan gunakan terlalu banyak warna cerah, cukup satu atau dua warna saja, agar ruangan tidak terlihat berantakan atau berlebihan.

 

6. Menyatu dengan Ruang Keluarga

Menyatu dengan Ruang Keluarga Ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga akan menciptakan suasana yang lebih santai dan informal. Anda bisa menggunakan sekat atau partisi yang fleksibel untuk memisahkan atau menyatukan kedua ruangan sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan furniture yang multifungsi, seperti sofa yang bisa dijadikan tempat tidur, atau meja yang bisa dijadikan rak buku. Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen yang membuat ruangan lebih nyaman dan menyenangkan, seperti bantal, selimut, lilin, atau foto keluarga.

 

7. Ruang Makan Minimalis dengan Meja Bar

Ruang Makan Minimalis dengan Meja Bar Jika ruangan terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan meja bar. Ini akan memberikan nuansa minimalis sekaligus fungsional. Meja bar adalah meja yang tinggi dan ramping, yang bisa ditempatkan di sudut ruangan atau di sepanjang dinding. Anda bisa menggunakan kursi bar yang tinggi dan nyaman, atau bangku lipat yang bisa disimpan saat tidak digunakan. Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan yang simpel dan elegan, seperti vas bunga, jam dinding, atau papan tulis.

Baca juga Tips Menata Ruang Bermain Anak yang Nyaman

8. Ruang Makan dengan Lukisan Besar sebagai Titik Fokus

Ruang Makan dengan Lukisan Besar sebagai Titik Fokus Tambahkan lukisan besar pada dinding untuk menjadi titik fokus ruangan. Pilih lukisan dengan warna dan tema yang sesuai dengan selera Anda. Lukisan besar akan menarik perhatian dan memberikan karakter pada ruangan. Anda bisa memilih lukisan yang abstrak, realis, atau ekspresif, sesuai dengan gaya dan mood Anda. Anda juga bisa memilih bingkai yang sesuai dengan warna dan bentuk lukisan. Pastikan lukisan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, agar bisa dilihat dengan nyaman.

Dengan ide-ide ini, Anda bisa menciptakan ruang makan bergaya Scandinavian yang cantik dan elegan. Selamat mencoba.