Memilih dan Menata Ornamen Taman

Memilih dan Menata Ornamen Taman

Memilih dan Menata Ornamen Taman – Taman yang indah bisa menjadikan rumah Anda tampil lebih gaya dan ekslusif. Di saat rumah tampil ‘seragam’, misalnya rumah di kompleks, maka kehadiran taman dapat menjadi pembeda dan nilai tersendiri. Taman yang indah dan sesuai menambah keindahan rumah Anda.

Tips Menata Ornamen Taman

Walau nampak mudah menata taman, ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut :

  1. Sesuaikan desain taman dengan konsep rumah. Sehingga kesannya tidak saling bertabrakan. Misalnya jika Anda memilih desain rumah minimalis, sebaiknya desain taman pun disesuaikan.
  2. Pertimbangkan desain ornamen taman dengan luas lahan yang dimiliki.
  3. Pilih ornamen taman yang sesuai dengan desain yang anda pilih. Misalnya jika Anda telah menetapkan konsep minimalis, tentu tidak semua ornamen taman dapat memuat ide Anda.
  4. Fungsi ornamen adalah sebagai titik fokus sebuah taman. Karenanya tempatkan ornamen taman di tempat yang tepat.

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya Anda meminta jasa arsitek profesional untuk menata taman Anda.

Jenis Ornamen Taman

Beberapa ornamen taman yang dapat Anda pilih untuk mempercantik taman, antara lain :

Pot
Tanaman indah dapat tampil lebih menarik dengan pot yang sesuai. Pot bermacam-macam, ada yang terbuat dari gerabah, plastik, batu, dan lain-lain. Sesuaikan tinggi tanaman dengan tinggi pot yang akan digunakan. Satu pot berukuran besar berisi tanaman eksklusif nan indah dapat Anda jadikan fokus taman.

Lampu
Lampu yang dipilih biasanya berbentuk lampu sorot atau model lampu berdiri (standing lamp).
Lampu sorot memberi efek romantis sebuah taman. Anda dapat menempatkannya tersembunyi di bawah pohon atau di sudut tertentu.

Sedangkan lampu berdiri biasanya dapat dijadikan pula sebagai fokus sebuah taman.

Patung
Sesuaikan ornamen patung dengan desain keseluruhan taman. Misalnya desain taman kering jepang tentu tidak sesuai jika Anda memilih patung manekin piss bergaya Eropa.

Kolam/air mancur
Sebelum memutuskan menggunakan ornamen ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan berbagai hal. Selain luas lahan taman, perlu dipertimbangkan pula hal-hal seperti ketersediaan air, pembuangan air dan pembersihan berkala.

Kolam atau air mancur yang jarang dibersihkan menjadi media tanaman atau binatang yang tidak diinginkan. Misalnya lumut, nyamuk dan siput.

Jalan setapak
Jalan setapak memberi kesan taman yang rapi. Bahan pembuatnya pun berbeda-beda. Sesuaikan dengan desain dan luas taman.

Gazebo, ayunan, meja kursi taman, dll.
Jika memungkinkan, tentu sangat nyaman bila ornamen-ornamen ini juga dapat hadir di taman Anda. Tapi tetap harus diperhatikan kesatuan taman dengan ornamen yang dipilih.

Itulah beberapa Tips Memilih dan Menata Ornamen Taman. Oke, siap berburu ornamen untuk taman Anda ?