Mengenal Jenis-Jenis Besi untuk Konstruksi

Mengenal Jenis-Jenis Besi

Mengenal Jenis-Jenis Besi – Bagaimana tidak, besi merupakan salah satu material yang umum digunakan dalam proses pembangunan pada infrastruktur maupun peranti dan prasarana.

Memahami jenis material yang akan kalian gunakan membuat anda dapat meminimal isir kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses pembelian.

Siapapun tidak ingin mengalami kerugian lantaran material yang sudah dibelinya menjadi mubazir atau tidak dapat digunakan akibat salah pembelian. Hal ini dapat sebagai makin jelek apabila anda berencana melakukan konstruksi dalam jumlah yang besar dan masif.

Untuk melawan tentang itu, betapa patutnya untuk kalian untuk mengeksplorasi dan memahami bermacam jenis besi yang pada lazimnya dikenakan dalam cara konstruksi.

Dengan demikian, kesalahan-kesalahan yang sepatutnya tidak terjalin dapat ditangkal dengan gampang. Yuk kita ikuti ulasan mengenal jenis-jenis besi dengan lebih perinci lewat catatan pada section selanjutnya.

Mengenal Jenis-Jenis Besi untuk Konstruksi

Jenis-jenis besi yang perlu anda ketahui

Material besi yakni salah satu bahan bangunan pokok dan memiliki perananan penting dalam dunia konstruksi, macam -macam dan ukuran nya pun berbeda-beda tergantung kebutuhan nya.

Berikut adalah beberapa jenis besi sebagai kebutuhan material yang banyak digunakan dalam dunia konstruksi.

Besi Beton

Mengenal Jenis-Jenis Besi

Penggunaan besi jenis ini seringkali tampak pada pengerjaan konstruksi bangunan yang tidak terlalu besar, seperti misalnya rumah berskala minimalis.

Pada umumnya, besi beton digunakan sebagai tulang atau rangka tambahan pada proyek konstruksi. Jenis besi ini di pasar yang sudah ada yaitu dengan istilah nama besi wiremesh, untuk kebutuhan beton nya dapat anda tinjau pada laman harga beton cor.

Besi Siku

Sesuai namanya, besi siku merupakan besi batu yang ada sebuah bagi an yang berupa siku dengan cara akurasi maupun tepat 90 kadar.

Baca Juga:  Material Untuk Lantai Outdoor yang Kuat dan Aesthetic

Rata-rata, besi siku dikenakan dalam pembuatan detail dan kerangka tangga, rangka pintu, rak besi, dan berbagai macam peralatan yang bisa anda bayangkan yang memiliki bagian siku-siku di dalamnya.

Pipa Besi

Mengenal Jenis-Jenis Besi

Jenis besi yang pertama adalah pipa besi, dimana jenis ini merupakan jenis yang paling sering dijumpai di toko perkakas dan bangunan. Jenis besi ini sebenarnya terbuat dari baja, atau ada yang dibuat sebagian dari baja, akan tetapi penyebutannya secara umum saat ini adalah pipa besi.

Dengan tatanan silinder dan panjang yang beragam, jenis besi ini sering dipakai pada proses penyaluran bahan-bahan tambang cair.

Besi Hollow

Salah satu jenis besi yang dapat disebut layak unik adalah besi jenis hollow ini. Bentuknya yang menyerupai pipa kotak tersebut membuatnya sering dimanfaatkan untuk pembuatan plafon dan rangka atau frame dinding anti rayap.

Selain itu, sifatnya yang tahan api dan hama tersebut banyak diaplikasikan pada pembuatan rangka kanopi dan pagar rumah dan serta teras.

Besi Ulir

Mengenal Jenis-Jenis Besi

Besi jenis ini dinamakan besir ulir sebab permukaannya dipasangi ulir dengan proses rol. Besi ulir seringkali digunakan untuk menghubungan beton dan rangka atau frame.

Tentang itu didasari oleh ketahanan tekan minimal hingga 400 Mpa yang dimilikinya. Dengan demikian, beton dan rangka akan terikat dengan lebih baik, terus meningkatkan kekokohan bangunan.

Besi CNP

Sebagaimana jenis besi lainnya, jenis besi CNP serta ada dalam banyak ukuran. Tapi kalau berbicara perihal bentuk, besi CNP hadir dalam bentuk yang cukup unik.

Besi ini menyerupai huruf C. Bila anda mungkin bertanya-tanya, besi ini biasanya digunakan dalam pembuatan rangka atap atau frame yang lain yang membutuhkan kerangka melengkung yang cukup kuat.

Baca Juga:  Konsep dan Tema Arsitektur yang Modern dan Unik!!

Besi UNP

Mengenal Jenis-Jenis Besi

Apabila besi CNP berbentuk seperti huruf C, maka sudah selazimnya besi UNP bentuknya menyerupai huruf U. Mengikuti bentuknya, besi ini digunakan oleh para las untuk membuat rangka atau digunakan oleh para ahli bangunan sebagai topangan pada kerangka bilik.

Ditinjau dari hal tersebut, tentu dapat dengan mudah dipahami bahwa besi ini bertindak selaku produk untuk melengkapi konstruksi.

Besi Plat

Sesuai dengan namanya, besi plat ada rupa dan bentuk seperti lempengan gepeng yang memanjang. Biasanya, besi plat dikenakan untuk bermacam macam keperluan.

Tidak hanya di bidang konstruksi saja namun juga di sisi lainnya seperti pembuatan tuas atau knop pada alat trasnportasi hingga perkakas rumah tangga.

Delapan jenis besi di atas adalah sebagian dari banyak jenis-jenis besi yang banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi baik dari bangunan hingga infrastruktur.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masing-masing besi memiliki kegunaannya masing-masing, namun dari segi mutu tentunya kamu harus cermat memilih distributor besi, sehingga anda bisa mendapatkan besi yang berkualitas dengan harga yang tepat.

Dipasaran banyak ragam besi yang beredar, bermacam sebutan dapat kita dengar, besi waria, besi SNI, dan besi krakatau steal.

Terdapat satu produk privat yang dapat kami jual disini yaitu besi h beam dan wf, bagi anda yang sedang mencari informasi harga ini disini kami sediakan harga spesial. Demikian data mengenai jenis-jenis besi yang biasa dipakai dalam kebutuhan pembangunan.