Model Rooftop Minimalis yang Keren Abis!

Model Rooftop Minimalis – Rooftop artinya adalah atap datar berbentuk dak beton yang berada di bagian atas rumah dan terbuka. Biasanya rooftop ditemukan pada rumah bergaya modern minimalis, yang kini mulai direncanakan lebih cermat.

Rooftop minimalis atau teras di atap rumah ialah hal yang masih jarang dihadirkan. Tetapi akhir-akhir ini, rooftop lebih disukai terutama di kalangan milenial.

Biasanya rooftop artinya sama dengan tempat yang luas dan biaya pembuatan yang mahal. Tetapi di tengah makin terbatasnya lahan hunian, banyak yang mulai berinisiatif membuat rooftop minimalis.

Selain bisa memiliki teras di atap rumah dengan manfaatkan sedikit tempat, pembikinan rooftop minimalis lebih irit.

Model Rooftop Minimalis yang Keren Abis!

  1. Rooftop Minimalis Industrial

Model Rooftop Minimalis

Konsep rooftop maknanya menerapkan gaya yang pas diterapkan di lantai atas bangunan rumah dengan lahan terbatas.

Rooftop minimalis bergaya industrial ini biasanya banyak disukai kaum milenial. Selainnya bergaya kekinian ala coffee shop, material yang dipakai pun terbilang cukup efisien.

Anda bisa menambahkan furnitur seperti bangku untuk bersantai, meja kecil untuk meletakkan minuman dan makanan, beberapa dekorasi seperti tanaman dengan pot, dan lain-lain.

Sekalipun pada rumah kecil, rooftop minimalis pasti dapat diterapkan. Terpenting fokus pada penataannya karena keberadaan tangga untuk menuju rooftop perlu diperhatikan agar tidak membuat sempit ruangan.

  1. Rooftop Minimalis Kayu

Anda bisa menggunakan bahan dasar kayu pada lantai, dinding dan bangku membuat teras terlihat lebih rapi dan teratur. Selain itu, elemen kayu memberikan nuansa alami dan terasa sejuk saat menginjakkan kaki ke rooftop disaat ingin santai.

Karena menggunakan material kayu, Anda harus melakukan perawatan agar kayu yang dipakai tetap kuat, tidak rapuh dan masih tetap terlihat cantik.

Baca Juga:  Desain Kongliong Modern, Cocok untuk Semua Jenis Hunian!!

Untuk mengatasinya, pakai pelapis anti air pada lantai dan pagar kayu. Bila tidak ingin terkena air hujan, Anda dapat memasang atap dari asbes di atasnya.

  1. Rooftop Minimalis Bebatuan

Model Rooftop Minimalis

Kemungkinan Anda tidak ingin menggunakan rumput pada rooftop garden Anda karena perawatannya yang cukup susah dan repot. Sebagai alternatif, Anda bisa menambah batu kolam atau batu putih atau kerikil-kerikil pada rooftop garden.

Kelebihan menggunakan kerikil atau bebatuan pada rooftop artinya adalah tempat pijakan tidak akan licin dan becek. Perpaduan di antara bebatuan dengan injakan yang terbuat dari kayu pun dapat menambah seni.

Disamping itu, Anda bisa juga memanfaatkan bebatuan itu untuk melancarkan peredaran darah dengan menginjak-injaknya sekalian berjemur. Dampak pijat yang didapatkan ditambah hangatnya bebatuan terkena paparan matahari akan menambah rileks tubuh Anda.

  1. Rooftop Minimalis dengan Si Hijau

Rooftop garden atau rooftop artinya sisi atas penuh dengan sang hijau. Tujuannya ialah supaya bisa menghasilkan udara bersih, menambahkan tempat hijau di rumah, serta dapat dipakai sebagai tempat bersantai dengan keluarga.

Pemandangan yang bisa kita bisa dari rooftop artinya sangat berbeda bila dibandingkan dengan pemandangan taman yang berada di muka atau belakang rumah. Selain sejuk melihat segarnya sang hijau, hati juga tenang melihat langit yang biru bahkan juga taburan bintang di malam hari.

Hal terpenting saat akan membuat rooftop garden ialah yakinkan struktur dan konstruksi atap rumah harus kuat untuk menahan beban tanaman, tanah, air dan perabotan dan furnitur yang nanti akan diletakkan.

  1. Rooftop Minimalis dengan Kolam

Model Rooftop Minimalis

Kehadiran elemen air tentunya dapat membuat rooftop maknanya lebih sejuk dan asri. Anda bisa menambah kolam renang atau bathtub pada rooftop garden Anda jika ruang dan biaya memadai.

Baca Juga:  Inspirasi Ruang Makan Mewah yang Unik dan Modern

Lakukan konsultasi dengan pakar struktur bila Anda ingin membuat kolam yang lumayan besar pada rooftop garden Anda. meskipun menyenangkan, tapi perlu dipikirkan berapa kerap penggunaannya.

Berbagai faktor harus dipikir, karena Anda harus teratur melakukan perawatan dan pembersihan kolam, bahkan rutin menukar airnya supaya tetap terjaga kejernihannya. Bila Anda siap, mengapa tidak?

  1. Rooftop Minimalis dengan Bar

Walau memiliki keterbatasan tempat, Anda dapat menambahkan mini bar di rooftop minimalis Anda. Ada mini bar bisa memudahkan Anda bila ingin mengadakan pesta, kumpul keluarga atau kerabat di rooftop.

Agar suasana meriah, pasang pula lampu-lampu pemanis yang akan membuat suasana malam di rooftop minimalis Anda jadi makin elok. Selain mini bar, bisa juga Anda tambah perlengkapan barbeque di saat tertentu.