Pentingnya Desain Eksterior Rumah Bagi Hunian Sehat dan Cantik!!

Pentingnya Desain Eksterior Rumah

Pentingnya Desain Eksterior Rumah – Gaya hidup sehat sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Selain rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat, desain interior dan eksterior hunian juga harus sanggup memaksimalkan gaya hidup sehat yang kamu aplikasikan.

Berbicara hunian sehat, ada banyak elemen yang perlu kamu lihat. Terlebih, Indonesia sebagai negara beriklim tropis dengan keadaan tingkat kelembapan yang tinggi.

Sehingga kamu harus mengoptimalkan kekuatan lingkungan dan eksterior rumah agar selalu nyaman dan tidak memengaruhi kesehatan. Berikut, kami akan membagi elemen-elemen utama pada design eksterior yang dapat kamu optimalkan untuk menciptakan rumah sehat.

Pentingnya Desain Eksterior Rumah Bagi Hunian Sehat dan Cantik!!

Jumlah Bukaan Memadai untuk Kelancaran Sirkulasi Udara

Pentingnya Desain Eksterior Rumah

Jendela sebagai komponen eksterior penting karena berperan sebagai jalur keluar udara kotor dari rumah yang diganti dengan masuknya udara bersih ke rumah.

Dalam membuat hunian, baiknya tiap ruangan seperti ruang tamu, dapur, sampai kamar tidur dilengkapi dengan jendela agar perputaran udara berjalan lancar.

Ingat banyak jenis penyakit yang ditularkan secara mudah melalui udara, tentu saja ketersediaan jumlah jendela yang ideal pada eksterior rumah dapat menghindarkan penghuni rumah terserang dari penyakit.

Jangan lupa, usahakan untuk merancang jendela rumah supaya terserang cahaya matahari langsung.

Optimalkan Sirkulasi dengan Roster yang Menarik

Agar sirkulasi udara dan sinar lebih optimal, kamu dapat memasang lubang angin atau roster di bagian eksterior rumah, sama dalam fasad atau pagar. Tidak sekedar berperanan sebagai dekorasi yang estetik, roster pada eksterior bisa membuat hunian terbebas dari lembap dan pengap.

Supaya tampilan eksterior hunianmu tampil menarik, kamu dapat pilih roster dengan bentuk yang disesuaikan menurut konsep eksterior yang ingin kamu tunjukkan.

Baca Juga:  Desain Kamar Mandi Mewah, Serasa Seperti Sultan!

Bahkan, dinding roster juga ada dari berbagai material yang dapat kamu tentukan sesuai selera dan anggaran, dimulai dari roster beton, batako, tanah liat, keramik, kayu, sampai GRC.

Pemakaian Plafon dengan Tinggi Ideal

Pentingnya Desain Eksterior Rumah

Selainnya jumlah bukaan yang ideal, plafon juga harus dirancang dengan cermat karena mempengaruhi penyebaran udara. Idealnya, plafon di bagian eksterior rumah dibikin tinggi supaya sirkulasi udara dapat tersebar secara optimal.

Selain itu, plafon yang tinggi juga bisa menghalangi panas dari cahaya matahari sehingga rumah masih tetap sejuk dan nyaman.

Penggunaan Material Ramah Lingkungan

Tidak cuma di bagian eksterior, pemakaian material ramah lingkungan berlaku pada semua elemen rumah.

Nah, ada banyak macam material ramah lingkungan yang dapat kamu terapkan pada eksterior rumah, seperti kedatangan kayu pada rumah kayu atau batu bata yang efisien meredam panas matahari hingga meminimalisir penggunaan AC.

Sementara di bagian eksterior lain seperti atap, jauhi pemakaian material asbes yang mempunyai potensi menimbulkan permasalahan penyakit dan menggantinya dengan atap eksterior ramah lingkungan dengan formulasi baja ringan yang lebih kokoh dan aman pada lingkungan.

Juga bisa menggunakan atap spandek yang dibuat dari campuran bahan aluminium dan seng.

Rumah Nyaman dengan Area Hijau

Pentingnya Desain Eksterior Rumah

Selain membuat tampilan eksterior rumah terlihat sejuk, keberadaan tanaman bisa memberi kesegaran untuk yang tinggal di rumah.

Ada banyak variasi tanaman hijau tropis yang dapat kamu rawat di bagian eksterior rumah, dimulai dari cemara kipas, morning glory, tanduk rusa, sampai tanaman bunga seperti kamboja dan bunga sepatu.

Bila tempat eksterior hunianmu sempit, kamu juga bisa membuat taman vertikal pada dinding, dan menyimpan pot mini berisi kaktus yang selain elok berperanan sebagai pengusir bakteri alami.

Baca Juga:  Gambar Rumah Minimalis Terbaru 2022

Jika pilih kaktus, pastikan kamu mengetahui langkah menjaga kaktus mini supaya masih tetap tahan lama. Begitu juga dengan tipe tanaman yang lain kamu taruh di eksterior rumah, rawatlah secara rutin!

Komponen eksterior rumah di atas penting untuk diterapkan karena bisa menunjang pola hidup sehat untuk semua penghuni rumah. Yok, buat hunian sehat milikmu!