Penyebab Tembok Pada Hunianmu Retak dan Tips Mengatasinya

Penyebab Tembok Pada Hunianmu Retak dan Tips Mengatasinya

Penyebab Tembok Pada – Tembok retak sebagai persoalan yang sering diketemukan pada tempat tinggal. Permasalahan ini bukan hanya diketemukan pada tempat tinggal yang telah tua, tetapi juga pada beberapa rumah yang baru saja dibuat.

Retak enteng akan membuat tempat tinggal kelihatan kurang estetik, dan perpecahan yang besar mempunyai potensi mencelakakan beberapa penghuninya. Oleh karenanya, kamu jangan memandang remeh persoalan ini. Cepatlah tangani!

Tetapi, sesaat akan menangani tembok retak, kamu harus ketahui pemicunya lebih dulu. Yok, baca pembahasan berikut ini untuk ketahui macam pemicu dan langkah menangani tembok retak yang kemungkinan sedang kamu rasakan!

Penyebab Tembok Pada Hunianmu Retak dan Tips Mengatasinya

Macam Pemicu Tembok Retak

Pemicu tembok retak pemicunya ada berbagai macam. Minimal, ada enam hal umum yang bisa membuat tembok retak, yakni:

1. Lokasi
Lokasi tempat tinggal pada intinya ikut menjadi satu diantara pemicu tembok retak. Lokasi-lokasi yang riskan memacu tembok retak ialah tanah sisa sawah dan rawa. Struktur tanah yang basah akan membuat tembok tidak berdiri dengan kuat hingga ada retak. Beda hal dengan tempat tinggal yang ada di atas tanah kering.

Penyebab Tembok Pada Hunianmu Retak dan Tips Mengatasinya

2. Kualitas Material yang Kurang Baik
Di Indonesia ada beberapa tipe material untuk membangun tembok. Masing-masing material mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Material dengan ketahanan yang lemah pasti tingkatkan resiko tembok retak. Sampai sekarang ini, material bata merah masih jadi yang paling kuat dibanding material tembok yang lain.

 

3. Musibah Alam
Gempa bumi dan banjir menjadi satu diantara pemicu tembok retak. Guncangan yang sumbernya dari bawah tanah bisa menggoyangkan fondasi rumah hingga tembok alami retak, bahkan juga roboh.

Baca Juga:  Rumah Minimalis Tanpa Atap: Sebuah Eksperimen Arsitektur Unik

Begitu halnya banjir. Penekanan air yang kuat dan sama-sama menggerakkan tembok dari semua arah bisa memacu berlangsungnya keretakkan.

4. Proses Pengacian dan Plester yang Kurang Prima
Aci dan plester ialah proses pembaruan tembok saat sebelum dilapis cat. Maksudnya agar tembok mempunyai struktur yang lembut dan permukaan rata. Proses pengacian dan plester baiknya dilaksanakan dengan bertahap dan menanti sampai susunan di bawahnya betul-betul jadi kering.

Penyebab Tembok Pada Hunianmu Retak dan Tips Mengatasinya

Sayang, ini memerlukan waktu lama hingga sebagian orang tidak menantinya sampai betul-betul kering. Umumnya, tembok retak yang ada karena tidak sempurnanya proses ini karakternya enteng. Tetapi, pasti ini seharusnya dijauhi apabila terjadi harus selekasnya ditangani.

5. Kusen Kayu yang Memuai dan Lapuk
Material kayu akan memuai dan lapuk bersamaan dengan pertambahan umur penggunaan. Karena peralihan wujud material kayu pada kusen, baik itu kusen pintu atau jendela, tembok juga otomatis akan retak karena kehilangan ‘penopang’-nya.

Pemicu tembok retak yang ini sering tidak diakui oleh beberapa pemilik tempat tinggal. Oleh karenanya, sebaiknya kamu mengecek keadaan rumah secara periodik.

6. Susunan yang Tidak Sesuai dengan Beban Bangunan
Kamu merencanakan untuk menambahkan jumlah lantai tempat tinggal? Jika demikian, pikirkan untuk perkuat susunan bangunan!. Masalahnya ada beberapa pemilik tempat tinggal yang merenovasi rumah asal-asalan.

Tambahan lantai tanpa pengokohan susunan bangunan bisa jadikan tembok retak karena beban yang dijamin semakin bertambah berat. Bukan hanya tembok retak, pemicu yang ini dapat membuat tempat tinggal roboh.

Langkah Menangani Tembok Retak

Bila kamu mendapati perpecahan pada tembok, selekasnya mengambil langkah pertama untuk menanganinya. Pada kasus tembok retak enteng, kamu dapat mengaplikasikan cara-cara. Pertama kali, persiapkan wall-filler dan cat tembok.

Baca Juga:  7 Tips Mendekorasi Kamar Tidur dengan Hiasan yang Kekinian

Wall-filler ini karakternya siap gunakan. Kamu perlu menembakkannya pada celah-celah tembok retak.

Turuti panduan pada paket, lalu nantikan sampai jadi kering prima. Janganlah lupa untuk meratakannya dengan tembok permukaan disekitaran. Kemudian, cat memakai warna yang serupa seperti tembok yang lain.

Untuk kasus tembok retak yang cukup dalam, pakai adonan semen dan pasir. Pertama, membersihkan dahulu debu dan tersisa semen yang berada di sela retakan. Lantas, buat adonan semen dan pasir dengan perbedaan 5:1.

Tambah air sama sesuai panduan masing-masing merek semen. Terapkan adonan barusan ke sela tembok retak. Apabila sudah kering, berikan cat plamir pada tembok permukaan. Selanjutnya, cat tembok seperti umumnya.

Demikian 6 pemicu tembok retak dan langkah menanganinya. Jika perpecahan telah termasuk kronis, tidak boleh nantikan semakin lama kembali sebab bisa mengakibatkan tempat tinggal roboh. Selekasnya panggil tukang untuk melakukan renovasi tembok itu. Mudah-mudahan artikel ini berguna!