Tips Menentukan Desain Eksterior dan Contoh Konsepnya!

Tips Menentukan Desain Eksterior – Desain rumah minimalis kini sedang digandrungi oleh masyarakat. Karena desain itu cukup mudah untuk diterapkan, dengan tampilan yang simpel namun tetap kelihatan menawan.

Bahkan rumah yang dibuat di atas tempat dengan luas terbatas akan tampak menarik. Oleh karena itu, yuk baca tips menerapkan desain eksterior rumah minimalis yang memikat di bawah ini.

Tips Menentukan Desain Eksterior dan Contoh Konsepnya!

Perhatikan Elemen Eksterior Rumah

  1. Pemilihan Warna Cat

Tips Menentukan Desain Eksterior

Warna cat dinding luar rumah ialah elemen pertama yang harus diperhatikan dalam eksterior rumah minimalis. Agar sesuai tema minimalis dan gaya yang anda harapkan, maka sangat penting untuk menerapkan perpaduan cat rumah yang pas.

Rumah minimalis sendiri umumnya banyak menggunakan warna warna yang netral dan dingin. Contohnya seperti warna putih, krem, cokelat, abu, atau juga bisa biru langit.

Anda juga bisa menggunakan warna yang lebih hangat seperti abu tua, cokelat kayu, salem, dan merah bata jika ingin menerapkan gaya minimalis pedesaan. Bahkan warna hitam juga bisa dijadikan sebagai opsi. Ini akan memberikan kesan simpel, elegan, dan stylish dalam satu waktu.

  1. Bagian Teras

Jika hendak membuat teras di rumah, pastikan anda memaksimalkan desain eksterior di area tersebut. Karena umumnya teras dibikin sebagai area terbuka untuk tempat bersantai.

Dengan kata lain, area itu bisa dilihat dari luar hingga desain eksterior hunian akan dipengaruhi oleh tampilan teras anda.

Dan dalam hal ini banyak model desain yang dapat dijadikan pilihan, tinggal disesuaikan dengan gaya dan situasi yang anda inginkan saja.

Misalnya anda ingin menghadirkan suasana alami. Maka teras dapat dibikin sebagai taman kecil dengan tanaman hijau dan bunga menyegarkan. Ditambah kanopi baja ringan yang menaungi teras agar makin teduh dan sejuk.

  1. Bentuk Atap
Baca Juga:  Kecantikan dan Keterampilan dalam Model Rumah Jepang

Tips Menentukan Desain Eksterior

Sebagai sisi tertinggi yang berperan melindungi para penghuni rumah dan barang barangnya dari hujan dan panas matahari, atap pasti jadi elemen eksterior yang jangan diacuhkan begitu saja.

Pastikan desainnya secara baik tidak cuma percantik hunian anda, tetapi bisa juga membuat anda berasa semakin nyaman sepanjang ada di rumah.

Karena pemilihan material dan desain yang kurang pas berisiko membuat atap mudah bocor atau situasi berasa lebih gampang panas di dalam rumah.

Jadi pastikan untuk memilihnya secara cermat. Untuk tampilan rumah minimalis modern sendiri, biasanya digunakan tipe atap beton cor agar menciptakan gaya atap flat. Atau juga bisa memakai atap tanah liat dan keramik untuk gaya modern.

Beberapa Contoh Konsep Eksterior Rumah

  1. Eksterior dengan Konsep Modern

Untuk anda yang masih bingung menentukan desain eksterior rumah, coba pikirkan eksterior dengan konsep modern.

Di mana desain futuristik yang minimalis dan mengangkat gaya masa datang ini datang dengan kombinasi atau kombinasi komponen yang lain. Misalnya campuran warna netral hitam dan putih yang sederhana tapi menawan.

Juga bisa dengan menghadirkan ruang terbuka ditambah beberapa furniture seperti meja dan bangku kayu di teras rumah, untuk meninggalkan kesan modern tersebut.

Selainnya mempercantik eksterior, area tersebut tentu menjadi salah satu tempat ternyaman untuk bersantai sekalian memperhatikan pemandangan di luar rumah.

  1. Eksterior Dinding Kaca

Tips Menentukan Desain Eksterior

Material kaca bukan hanya bisa digunakan untuk membuat jendela, tetapi anda bahkan juga bisa memanfaatkannya sebagai dinding.

Eksterior rumah minimalis dinding kaca ini tawarkan pencahayaan yang lebih maksimal dari sekedar jendela kaca. Jadi di siang hari anda bisa mengirit penggunaan energi listrik, ingat jika sinar matahari alami sanggup membuat ruangan menjadi lebih jelas.

Baca Juga:  Skema Warna Cerah Pada Interior Rumah Mewah

Dari segi eksterior, desain seperti itu membuat rumah berkesan lebih jelas dan hidup. Anda juga bisa nikmati panorama ke luar rumah lebih leluasa.

Pas sekali jika anda miliki taman di rumah. Dan untuk jaga privasi, anda dapat menggunakan tirai. Gunakan tirai berwarna netral agar sekaligus bisa digunakan untuk mempercantik eksterior atau interior.

  1. Eksterior dengan Batuan Alam

Anda bisa manfaatkan dekor batuan alam untuk menampilkan eksterior rumah yang menarik. Ada unsur alam dari batu-batuan itu bisa membuat rumah lebih memiliki watak, plus makin nyaman berkat situasi yang makin teduh.

Terlebih jika dipadukan dengan taman yang memiliki pepohonan atau tanaman hias.

  1. Eksterior Bergaya Kontras

Siapa bilang eksterior rumah minimalis cuma dapat menggunakan warna monokrom? Anda bisa juga mengusung gaya kontras untuk menghadirkan eksterior rumah yang simpel namun tetap menarik.

Misalnya anda ingin membuat taman dengan tanaman hijau di depan rumah, maka bangunan rumah bisa mengaplikasikan cat berwarna gelap. Kombinasi antara cat bangunan yang gelap dengan taman berwarna hijau jadi perpaduan kontras yang bagus.

Anda juga bisa menghias taman dengan tanaman warna warni jika ingin makin warna. Jika tidak memungkinkan membuat taman karena tempat yang terbatas, maka tidak ada salahnya mengaplikasikan dua warna berbeda pada bangunan rumah.

Siap membangun rumah dengan eksterior bergaya minimalis yang simpel dan menawan ? Anda juga bisa coba beberapa contoh desain di atas jika akan merenovasi hunian.

Pastikan memperhatikan beberapa elemen eksterior sebelum mengaplikasikan desain tertentu. Sehingga gaya minimalis yang diusung benar benar terlihat.