Desain Rumah Ukuran 4×6 yang Menginspirasi dan Nyaman

Desain Rumah Ukuran 4x6

Desain Rumah Ukuran 4×6 – Akibat harga properti makin tinggi, banyak developer yang mengembangkan hunian minimalis. Salah satu model yang sering dibangun adalah rumah ukuran 4×6.

Kecuali harga yang lebih terjangkau, tipe ini banyak dipilih karena bisa memuat 2 kamar sehingga pas untuk keluarga kecil.

Meskipun luas lahan terbatas, rumah ukuran 4×6 tetap bisa dimaksimalkan jadi tempat tinggal yang nyaman dan modern. Bagaimana caranya? Yuk simak terus artikel ini untuk mendapatkan ide desain rumah ukuran 4×6 berikut ini.

Desain Rumah Ukuran 4×6 yang Menginspirasi dan Nyaman

  1. Rumah Ukuran 4×6 Dua Kamar Samping

Desain Rumah Ukuran 4x6

Pada desain yang pertama, rumah ukuran 4×6 dibikin menghabiskan segi sebelah kanan sebagai tempat 2 kamar tidur. Tidak banyak ruangan lain pada desain ini.

Sesudah pintu masuk, Anda dapat menempatkan ruang tamu lalu dapur dan kamar mandi pada bagian ujung. Jika ingin membuat atau meluaskan ruangan lain, solusi paling mudah yang dapat dilakukan ialah mengurangi luas kamar tidur utama.

  1. Rumah Ukuran 4×6 Split Level

Bila desain awalnya dirasa terlalu kecil, cara lain untuk mendesain rumah minimalis dengan menerapkan konsep split tingkat.

Hunian split tingkat merupakan tipe bangunan dengan ketinggian lantai dua setengah dari ukuran biasa. Dengan kata lain, rumah split tingkat memiliki 3 lantai namun lantai kedua seperti menggantung atau berukuran lebih pendek dibanding lantai lainnya.

Pada lantai pertama, Anda bisa menempatkan satu kamar tidur utama, kamar mandi ruang tamu, dan dapur. Di lantai tengah dan ke-3, pakai ruang sisa untuk kamar tidur, ruang kerja, atau ruang keluarga. Dengan konsep ini, dijamin rumah akan terasa lebih lega dan nyaman.

  1. Rumah Ukuran 4×6 Open Space
Baca Juga:  Desain Rumah 9x6 1 Lantai: Tampilan Modern dan Fungsional

Desain Rumah Ukuran 4x6

Pemilik rumah imut sering kali dihadapkan pada kesulitan tempatkan perabot agar rumah tidak kelihatan sumpek. Salah satunya solusi dari permasalahan itu ialah menerapkan konsep open space.

Hunian dengan konsep itu biasanya meminimalisir pemakaian sekat supaya ruangan terlihat lebih lega.

Dalam rumah ukuran 4×6 Anda bisa hilangkan sekat antara ruang tamu hingga ruang makan dan dapur.

Sebagai tukarnya, pakai perabot besar seperti lemari untuk jadi pemisah antar ruangan. Dengan demikian Anda bisa menghemat budget pembuatan sekat dan mendapat keuntungan ruangan terasa lebih luas.

  1. Rumah Ukuran 4×6 Nuansa Kayu

Bagi Anda yang menyenangi unsur alami, aksen kayu bisa diterapkan pada bagian dinding dan lantai bangunan. Elemen kayu pada rumah minimalis mampu membuat tempat tinggal Anda lebih asri dan tidak terasa sempit.

Untuk menambah ilusi luas, gunakan pintu kaca berukuran sedang dan jendela yang besar agar memudahkan masuknya sinar matahari.

  1. Rumah Ukuran 4×6 Lantai Basement

Lahan parkir kerap menjadi salah satu kendala pada rumah dengan lahan terbatas. Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa menerapkan konsep basement pada rumah ukuran 4×6.

Tenang, tak perlu membuat ruang bawah tanah seperti pada mal atau gedung. Pada desain ini, Anda bisa memanfaatkan sisi atas garasi untuk tempatkan lantai dua.

Dengan begitu, kendaraan bisa terlindungi dengan baik dan hunian memiliki cukup banyak ruang untuk menata ruangan. Menarik bukan?

  1. Rumah Ukuran 4×6 Finishing Semen Ekspos

Salah satu konsep hunian yang cukup populer ialah gaya industrial. Selain kelihatan kokoh dan gagah di luar, hunian bergaya industrial dinilai mampu menghemat biaya karena pemilik tak perlu melakukan finishing pada bagian dinding.

Pada rumah ukuran 4×6 desain ini bisa diterapkan mengecat dinding warna putih pada eksterior dan menerapkan semen mengekspos pada bagian dalam.

Baca Juga:  Tips Desain Rumah Scandinavian: Ciptakan Hunian yang Minimalis

Supaya ruangan berasa lebih lega, memaksimalkan penyimpanan dengan memasang rak dan lampu menggantung bertema industrial. Voila! Kini hunian Anda akan terlihat modern dan artistik seperti galeri seni.